pulsa-logo

Kesan Pertama Menjajal Pocophone F1


PULSA

Senin, 27 Agustus 2018 • 16:20

pocophone,pocophone F1 indonesia,review pocophone F1,harga pocophone F1


Kehadiran Pocophone di Indonesia terbilang sangat cepat. Meskipun rencana Pocophone masuk ke Indonesia sudah mulai tercium sejak 9 Juli 2018, dimana Kominfo telah mengeluarkan sertifikasi untuk 3 perangkat telekomunikasi yang didaftarkan oleh PT Erajaya Swasembada Tbk, 3 ponsel tersebut didaftarkan atas nama Redmi 6, Redmi 6A, dan Pocophone F1.

Pocophone F1 baru pertama kali diumumkan di India pada 22 Agustus lalu. Hari ini, Pocophone F1 pun secara resmi telah diumumkan di Indonesia. Nah, buat yang masih penasaran dengan perangkat ini, kami akan jelaskan sedikit informasi mengenai Pocophone.

Pocophone merupakan sub-brand dari Xiaomi. Artinya, merek ini masih punya kaitan dengan induknya yakni Xiaomi. Menurut Alvn Ste, Head of Poco Global, kehadiran Pocophone memiliki tujuan untuk membuat produk unggulan dengan fitur yang paling diminati oleh pengguna namun tetap dengan harga terjangkau.

Pocophone F1 memiliki  julukan “Master of Speed”, yang memang mengedepankan kekuatan prosesor, juga dengan kapasitas RAM besar demi memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Kami berkesempatan menjajal pertama kali Pocophone F1 yang diluncurkan hari ini. Perangkat yang kami pegang ini adalah varian dengan platform Snapdragon 845 dan RAM 6GB dengan kapasitas memori internal 128GB. Berikut beberapa pengalaman  yang bisa kami bagi untuk Anda mengenai Pocophone F1.

Disain

tapilan depantapilan depan


Dengan bekal spek yang gahar, disain Pocophone F1 terbilang simple. Tak ikut-ikutan dalam tren warna gradasi seperti kebanyakan ponsel yang beredar sekarang. Meski demikian, Pocophone F1 dibekali dengan layar berponi, jadi tetap terlihat kekinian.

Ukuran layar Pocophone F1 sebesar 6.18 inci dibalut degan Gorilla Glass dengan rasio layar ke bodi mencapai 82,2% serta punya aspek rasio 18,7:9. Resolusinya cukup tajam dengan 10880x2245piksel atau 403 ppi.  

tampilan belakangtampilan belakang

Bodi Pocophone F1 bukan terbuat dari metal, tapi dari polikarbonat berkualitas tinggi. Pocophone F1 juga punya varian Armored Edition yang menggunakan bahan kevlar seperti yang terdapat pada perangkat militer misalnya untuk penahan peluru.  

Di bagian belakang ada kamera utama dengan setup dual kamera, sejajar dengan letak pemindai sidik jari. Sementara lampu flash diletakan disamping kamera. Sedangkan di bagian depan, seperti kebanyakan layar berponi, kamera dan sensor ada di notch.

Port USB yang digunakan adalah jenis Type-C,  namun POcophone F1 tetap menyediakan lubang jack audio 3,5mm yang hingga kini masih banyak diminati oleh pengguna.

Kamera

Meski menjagokan kinerja bukan berarti Pocophone F1 mengabaikan kualitas kamera. Kamera utama Pocophone F1 sudah dibekali dengan fitur kecerdasan buatan atau AI. Sensor utama kamera ini mengandalkan sensor Sony IMX363 12 MP+ 5 MP buatan Samsung. KOmbinasi kamera ini bisa diandlkan untuk menangkap gambar portrait untuk menghasikan efek bokeh.

Aperture kamera ini adalah f/1.9 dengan 1.4µm, dual pixel PDAF. Artinya, Anda bisa membidik fokus dengan cepat dan lebih baik meski dalam kondisi rendah cahaya. Sedangkan teknologi AI pada kamera Pocophone F1 akan membantu pengguna mendapatkan hasil yang maksimal berbekal alogaritma yang disesuaikan dengan subjek atau objek foto yang akan diambil.

Beralih ke kamera depan, Pocophone F1 memang tak disebut sebagai handphone selfie, tapi sensor 20MP yang dimilikinya tentu akan membuat Pocophone F1 lebih handal untuk mengambil gambar diri. Terlebih, kamera depan ini juga disertakan dengan AI Beauty Mode dan infrared.

Meski hanya single kamera, pengguna juga bisa mengambil gambar portrait untuk mendapatkan hasil gambar dengan efek bokeh. Sedangkan fungsi infrared-nya untuk membantu face unlock dalam mendeteksi wajah agar lebih akurat terutama dalam kondisi rendah cahaya. Selain itu, infrared juga agar fitur face unlock tidak bisa dikelabui oleh gambar atau foto.

video frame ratevideo frame rate

Untuk perekaman video, kamera utama Pocophone F1 memiliki sensor gyro-EIS untuk menyetabilkan gambar pada kualitas perekaman 1080p@30fps.  Perangkat ini bisa merekam dengan pilihan frame rate tinggi mulai dari 720p@120fps, 10880p@120fps,720p@240fps dan1080p@240fps. Sementara kualitas video bisa dipilih dari reolusi UHD4K, 1080p dan 720p.

Performa

Ini bagian yang paling menarik. Seperti yang sudah kami sebutkan tadi bahwa Pocophone F1 dibekali dengan prosesor teranyar besutan Qualcomm yakni Snapdragon 845 octacore 2,8 GHz. Sejatinya ada tiga varian perangkat, tapi yang kami pegang ini adalah varian dengan RAM 6GB tipe LPDDR4 dan penyimpanan internal 128 GB dengan teknologi USF2.1 yang tercepat untuk saat ini.

Sistem operasi Pocophone F1 sudah menggunakan Android 8.1 Oreo yang dibalut dengan custom ROM MIUI 9.6. MIUI di Pocophone F1 ini dibuat lebih ringan dan tak banyak bloatware di dalamnya.

Haasil uji benchmark Pocophone F1 jelas tak mengecewakan. Dengan aplikasi AnTuTu kami mendapat skor 263 ribu lebih dan asuk 10 besar perangkat yang diuji di AnTuTu.Sementara pada skor benchmark menggunakan Geekbench mencapai 2441 untuk pengujian single core dan 8836 untuk multi-core.

skor antutuskor antutu

Menariknya adalah, Pocophone F1 ini sudah dibekali dengan pendingin liquid, teknologi yang ada pada laptop dan smartphone gaming. Dengan sistem pendiingin ini Pocophone F1 bisa digeber pada performa tinggi yang labih stabil. Biasanya, kinerja ponsel akan kedoroan jika perangkatnya mengalami panas berlebih, tapi dengan pendingin ini maka hal itu tidak akan terjadi.

hasil Geekbenchhasil Geekbench

Terakhir untuk baterai, Pocophone F1 menggendong kapasitas 4.000 mAh yang sudah pasti cukup untuk menemani Anda seharian dalam berbagai aktivitas.  Pocophone F1 pun ikut didukung oleh teknologi Quick Charge 3 yang bisa mengisi baterai lebih cepat.

Paket penjualan dan harga

Paket penjualan Pocophone F1 tak ada yang berbeda dengan perangkat kebanyakan. Selain perangkat, ada charger, kabel USB, buku manual, pin ejector, dan soft case.

paket penjualanpaket penjualan

Di Indonesia Pocophone F1  dijual dengan banderol Rp4.499.000 untuk varian ^GB+64GB, Rp4.999.0000 untuk varian ^GB+128 GB dan varian Armored Edition 6GB + 128 GB Rp5.199.000 dan bisa Anda dapatkannya mulai 30 Agustus di Lazada.

Untuk hasil foto dan informasi lainnya, silahkan tunggu Review kami berikutnya. (*)

    2018-12-12 14:37:20


    PULSA EDITORS' CHOICE 2018