pulsa-logo

Oppo Sukses Uji Jaringan 5G Pertama dengan Snapdragon X50


Nariswari

Rabu, 29 Agustus 2018 • 10:38

oppo,teknologi 5G,snapdraon X50,oppo R17


image courtesy: MyDriversimage courtesy: MyDrivers

Kabar tentang pengembangan teknologi jaringan 5G sebenarnya telah terdengar sejak pertengahan 2014 lalu, hingga akhirnya Qualcomm mengumumkan kemitraan mereka dengan lebih dari selusin OEM handphone global di seluruh dunia untuk menyediakan dukungan teknologi 5G di flasgship andalan mereka yang bakal diperkenalkan pada tahun 2019.

Salah satu mitra Qualcomm tersebut adalah Oppo, di mana pabrikan asal Tiongkok ini dikabarkan telah merampungkan pengujian pertama jaringan 5G pada unit ritel yang dimodifikasi dari unit handphone Oppo R15.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan beberapa sumber di Tiongkok mengatakan bahwa serangkaian tes ini didasarkan pada standar 3GPP Release 15 NSA dengan bandwidth 10 MHz dari 4G LTE Band 5 dan bandwidth 20 MHz dari 5G NR n78 band. Modem yang digunakannya adalah platform Qualcomm X50 yang diperkenalkan pada bulan Februari 2018 lalu.

Liu Chang (Presiden dari Oppo Research Institute), mengatakan kepada MyDrivers bahwa tes tahap pertama dari jaringan 5G ini lebih kepada meletakkan fondasi yang sangat penting bagi Oppo untuk merilis perangkat komersial 5G yang diprediksi akan siap memulai debutnya pada tahun 2019.

Berdasarkan informasi sebelumnya yang berasal dari salah satu Direktur Pemasaran Oppo Global, menyebutkan bahwa handphone Oppo pertama yang akan mendukung jaringan 5G adalah Oppo R17.  Namun sejauh ini belum diketahui, kapan Oppo R17 akan resmi diluncurkan ke publik. (*)

Sumber: MyDrivers via GSMArena