pulsa-logo

Stop Sebut Sistem Pendingin Samsung Note9 Sebagai 'Liquid Cooler', Ini yang Benar


Nariswari

Rabu, 29 Agustus 2018 • 11:16

samsung,galaxy,galaxy note9,samsung galaxy note9,sistem pendingin smartphone gaming


image courtesy Hi-techimage courtesy Hi-tech

Ketika Samsung mengumumkan Galaxy S7 dan S7 Edge, dari pembongkaran pertama pada perangkat tersebut terungkap adanya semacam pipa panas datar tipis yang bisa menyalurkan panas dari daerah prosesor, sebagai upaya untuk mendinginkan. Hal yang sama juga terlihat pada perangkat kelas atas Sony Xperia, dimulai dengan Z2 dan juga pada perangkat Nokia Lumia 950XL.

Untuk menggaet para gamer, Samsung memang mengkonfirmasi sistem pendinginnya dengan mengatakan “Sistem pendingin di ponsel ini dibekali dengan penyebar panas yang sangat pipih, membuat perangkat tetap dingin, sehingga gamer dapat fokus untuk menang". Jadi, Samsung sendiri tidak berani menyebut sistem ini sebagai "pendingin cair (liquid cooling)". Sebab, memang tidak ada hubungannya dengan pendingin cair yang biasanya di dalamnya terdapat pipa berisi air dan radiator, dipompa oleh goblin-goblin kecil. Nah, pendingin pada Note9 ini disebut Pendingin Water Carbon (Water Carbon Cooling).

Meski demikian, pendingin yang ada di Note9 merupakan penyebar panas/heatsink yang sudah ditingkatkan kemampuannya dari yang ada di flagships S7 lalu, termasuk juga pada Note8. Di samping telah dibuat lebih besar, pipa panas juga dibuat lebih rumit dengan "antarmuka Carbon Fiber," atau apa pun itu, dan hanya ada sedikit air di dalamnya.

Air tersebut akan bolak-balik di sekitar CPU / GPU untuk mengambil panas dari chipset yang dihasikan ketika handphone sedang digeber misalnya pada saat bermain game. Jadi akan ada proses penguapan ketika air tersebut terkena panas lalu menurunkan suhu, kemudian mengembun kembali dan kembali masuk ke mesh logam dan mengulangi prosesnya, sehingga menyebarkan panas secara lebih merata.

Gambar: Hi-tech

Sumber; Phonearena