pulsa-logo

Hands-on: Lebih Dalam Mengenal Xiaomi Mi A2


Fauzi

Rabu, 29 Agustus 2018 • 18:55

Review Xiaomi Mi A2


Xiaomi Mi A2Xiaomi Mi A2

Sukses membesut Mi A1 sebagai perangkat Android One pertamanya, Xiaomi kembali merilis seri lanjutannya. Adalah Mi A2, handphone baru Xiaomi yang diluncurkan di Madrid, Spanyol, pada Juli silam.

Berhubung handphone Android One ini sudah ada di genggaman, kami pun ingin langsung berbagi dengan pembaca lewat uraian berikut ini.

Desain

Dari sisi tampilan bodi, bisa dibilang Mi A2 sudah tampil kekinian dengan postur lebih ramping berkat sajian layar yang sudah mengadopsi rasio 18:9. Bisa dibilang dimensi Mi A2 (158,7 x 75,4 x 7,3 mm) hampir setara smartphone berlayar 5.5 inci, meski sejatinya layar yang diusungnya memiliki diagonal 5.99 inci.

Walaupun bukan perangkat premium, Mi A2 sudah dikemas dengan bodi bermaterial metal nan solid. Sementara pada bagian depan, Xiaomi Mi A2 juga nampak elegan dengan mengadopsi panel kaca lengkung 2.5D nan sleek.

Mengabsen komponen yang ada, pada area depan, khususnya di atas layar, dari kiri ke kanan masing-masing terdapat sensor kamera depan, sensor cahaya, receiver, dan LED flash. Sementara bila menyisir ke ruas sisi berketebalan 7,3 mm, di sini kita dapat adanya tombol power dan tombol volume di sisi kanan. Di ruas sisi sebelah kiri terlihat adanya slot kartu SIM.

Menyisir ruas bagian bawah, kita temui adanya lubang speaker di kiri dan kanan mengapit port USB-C yang disediakan di smartphone ini. Jack audio terlihat absen dari smartphone ini, sebagai gantinya bila ingin mendengar konten audio lewat pengguna bisa memanfaatkan adapter USB-C to jack 3.5 mm yang masuk dalam paket penjualannya. Seperti smartphone Xiaomi lainnya, di ruas bagian atas Mi A2 juga terdapat IR Blaster yang dengannya smartphone ini bisa digunakan sebagai remote control untuk berbagai perangkat elektronik lainnya, semisal TV, AC, dan sebagainya.


Sementara di area belakang, terlihat bertengger dua sensor kamera yang disusun vertical mengapit LED Flash.Ada pula sensor sidik jari, logo Mi, dan juga logo Android One.

Layar 5.99 Inci Full HD+

Xiaomi Mi A2 menyuguhkan layar berukuran 5.99 inci dengan resolusi Full HD+ (1080x2160 piksel) sehingga mampu menampilkan kepadatan layar cukup solid, yakni ~403ppi.

Tampilan layar Mi A2 juga sudah tersaji dengan bagian sudut membulat yang membuatnya nampak serasi dengan desain bodi smartphone memiliki sudut menumpul. Secara umum, baik dari sisi kecerahan maupun responsivitasnya layar Mi A2 tergolong sangat baik. Selain itu, layar smartphone telah mendukung multi-touch, di mana sudah dapat diakses maksimal hingga 10 titik secara bersamaan.

Sebagai smartphone Android One, Mi A2 menjalankan stock Android dalam hal ini adalah Android 8.1 Oreo ‘polosan’ alias tanpa dipermanis dengan MIUI.

Secara default di layar homescreen Mi A2 nampak terlihat terdapat sejumlah ikon, di antaranya folder khusus aplikasi bawaan Google, Mi, Photos, dan ikon akses ke Play Store. Tepat bagian paling bawah, di sini terdapat menu lainnya seperti akses langsung ke menu kontak dan panggilan telepon, ikon Message (SMS), Gmail, browser Chrome, dan menu kamera. Di bagian ini terlihat adanya anak panah kecil yang mengarah ke bagian atas, khas seperti yang ditawarkan oleh smartphone berbasis Android Oreo.

Kamera

Mi A2 datang mengemas fitur dual-camera belakang 12MP (f/1.8) tele camera sebagai sensor utama dan sensor sekunder 20 MP (f/1.8) untuk low-light.  Sementara untuk kamera depannya, Xiaomi Mi A2 sudah didukung dengan kamera depan bereolusi 20 MP dengan aperture f/2.2.

Selain diperkuat dengan sensor alat bidik yang sudah disebutkan tadi, kamera Mi A2 juga didukung dengan berbagai fasilitas, mulai dari fitur HDR hingga mode portrait untuk foto bokeh sudah tersedia. Sementara untuk yang suka selfie, selain ada mode beauty, kita juga bisa memanfaatkan fitur group selfie.

Sampel Foto OutdoorSampel Foto Outdoor

Sampel Foto IndoorSampel Foto Indoor

Jeroan

Kinerja Xiaomi Mi A2 ditopang oleh prosesor Qualcomm Snapragon 660 yang memiliki konfigurasi 4-core 2.2 GHz Kryo 260 dan 4-core 1.8 GHz Kryo 260. Tercakup di dalam chipset ini prosesor grafis Adreno 512. Masih dari bagian jeroan, untuk mendukung performanya Xiaomi Mi A2 juga dibekali dengan RAM 4GB dan ruang simpan data berkapasitas 64GB minus slot microSD.

Sejurus dengan spesifikasi hardware yang dibawanya, di atas kerta Xiaomi Mi A2 akan memiliki daya gedor mumpuni. Sekedar bocoran, ketika di tes dengan software benchmark AnTuTu, skor Mi A2 ada di kisaran angka 129772. Sementara untuk performa grafisnya, mengacu pada benchmark yang PULSA lakukan dengan software 3D Mark, Xiaomi Mia A2 mampu mencetak skor 1230 (Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3.1) dan 1028 (Sling Shot Extreme – Vulcan). Lebih detil mengenai hasil tes benchmark Mi A2 bisa dilihat pada tabel tersaji.

Seperti tertera di lembar spesfiikasinya di dalam bodi Xiaomi Mi A2 sudah tertanam baterai berkekuatan 3000 mAh. Meski tidak terlampau besar, kapasitas baterai Mi A2 sejatinya sudah cukup memadai. (Ozi)