pulsa-logo

Siap Tantang Snapdragon, Ini Kehebatan Chip Kirin 980


PULSA

Senin, 03 September 2018 • 10:55

huawei,kirin,kirin 980,AI,qualcomm,snapdragon,snadragon 845,kirin vs snapdragon


courtesy of Phonearenacourtesy of Phonearena

Huawei termasuk salah-satu dari sedikit pabrikan smartphoe yang membuat chip sendiri dan tidak hanya sekedar membuat chip, kali ini Huawei memimpin memimpin industri dengan mengenalkan chip ponsel 7nm pertama di dunia dengan Kirin 980.

Kirin 980 juga menjadi yang pertama untuk beberapa keunggulan lainnya, diantaranya: pertama di dunia yang dibuat pada proses manufaktur yang super tepat 7nm, pertama di dunia pertama yang menerapkan CPU kencang Cortex A76 terbaru ARM, yang pertama dengan NPU ganda, yang pertama dengan grafis GPU baru Mali G76, yang pertama dengan modem 14Gbps 21 yang super cepat dan yang pertama mendukung standar RAM LPDDR4X 2133MHz yang lebih cepat. Daftar yang cukup mengesankan bukan?

Huawei mengatakan bahwa membuat chip 7nm adalah tantangan terbesar yang pernah dihadapi. Seperti yang kita berjalan menuju batas Hukum Moore, kali ini Huawei harus memulai penelitian mulai 3 tahun yang lalu dan melewati lebih dari 5.000 prototipe hingga akhirnya mencapai produksi massal baru-baru ini.

Lalu apa sebenarnya keunggulan dari chip ini dibanding dengan chip sebelumnya generasi 10nm? Huawei mengatakan bisa mencapai dua digit pertumbuhan terkait kecepatan dan efisiensi daya. UNtuk kecepatan bisa meningkat hingga hingga 20% dan 40 % lebih hemat daya. Jadi jika dbandingan dengan Kirin 970, ada peningkatan kinerja sebesar 75% dan peningkatan efisiensi daya 58%.

Prosesor di dalam Kirin 980 adalah chip octa-core, tetapi alih-alih menggunakan pengaturan big.LITTLE core yang sudah tidak asing lagi, Huawei memperkenalkan tingkatan baru "Middle" core. Idenya adalah untuk mendapatkan segmentasi yang lebih baik antara beban yang berbeda pada prosesor demi efisiensi maksimum. CPU pada Kirin 980 terdiri dari 2 core besar (2x Cortex A76 @ 2.6GHz) + 2 core menengah (2x Cortex A76 @ 1.96GHz) + 4 core LITTLE (4x Cortex A55 @ 1.8GHz).

Jadi, untuk aplikasi yang ringan seperti musik, sosmed akan diserahkan tugasnya pada core kecil dan menengah. Browser, kamera dan galeri biasanya diserahkan kepada core menengah, sementara tugas berat seperti gamae dan galeri biasanya ditangani oleh core besar.

Seiring dengan prosesor yang lebih cepat dan lebih fleksibel, Kirin 980 memiliki RAM yang lebih cepat dengan bandwidth 20% lebih besar, latensi 22% lebih rendah, dan ada peningkatan dua digit lagi jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 845.


Secara praktis, ini akan terlihat ketika meluncurkan aplikasi: Huawei mengatakan bahwa mereka melakukan tes rata-rata sekitar 0,2 detik untuk meluncurkan aplikasi populer seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger, Snapchat, Twitter, dan Line.