pulsa-logo

Setahun Dirilis, Tingkat Adopsi iOS 11 Dianggap Tidak Mengesankan


Nariswari

Rabu, 05 September 2018 • 16:57

iOS 11,Apple,iOS 10,update ioS,adopsi ios


ilustrasiilustrasi

Apple telah secara resmi mempekenalkan iOS 11  di event Apple Worldwide Developers Conference pada tanggal 5 Juni 2017 untuk diluncurkan ke semua pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch yang mendukung. Sistem operasi ini punya banyak fitur baru, seperti format dokumen foto dan video baru yaitu HEIF & HEVC serta fitur AR. Nah, berselang kurang lebih 1 tahun sejak dirilis ke publik, tentu tidak sedikit yang bertanya-tanya tentang tingkat adopsi iOS 11 di perangkat Apple.

Berdasarkan angka statistik terbaru yang dirilis oleh Apple Developer menyebutkan bahwa sebagian besar pemilik iPhone dan iPad di dunia masih menjalankan versi terbaru sistem operasi seluler Apple yang stabil, sebagaimana dibuktikan oleh pengukuran App Store resmi yang dibuat kemarin, 3 September 2018. Menurut angka-angka yang baru dipublikasikan ini, 85% dari perangkat Apple menggunakan iOS 11, dengan hanya 10% masih menggunakan iOS 10, dan hanya 5% yang saat ini didukung oleh varian OS generasi sebelumnya.

courtesy: Applecourtesy: Apple

iOS 10 memiliki pangsa pasar 87% lebih dari setahun yang lalu, sementara iOS 9 mencapai 84% adopsi pada awal April 2016, meningkatkan jumlah yang luar biasa hingga 88% menjelang peluncuran umum penggantinya pada bulan September 2018.

Tentu saja, iOS 11 membuat kemajuan adopsi yang dinilai cukup lamban (oleh standar yang ditetapkan oleh Apple) sejak dirilis, tertinggal di belakang angka pendahulunya November lalu dan Desember, serta Januari 2018 ini.

Sayangnya, rilis iOS 11.4 bukan tanpa bug, masih terlihat cukup banyak bugdi setiap iterasi iOS 11 tunggal. Semoga, di iOS 12 yang berfokus pada stabilitas  akan berhasil mencapai tingkat adopsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan iOS 11. (*)

Sumber: Apple via Phonearena