pulsa-logo

Menelisik Sisi Beda Xiaomi Redmi 6 dengan Xiaomi Redmi 5


Deni Hardian

Rabu, 05 September 2018 • 18:08

xiaomi redmi 5,xiaomi redmi 6,handphone 2 jutaan,android murah,handphone murah,tabloid pulsa


Xiaomi Redmi 6Xiaomi Redmi 6

Tak hanya memboyong Redmi 6A, Xiaomi Indonesia juga menghadirkan Xiaomi Redmi 6 di Indonesia. Tak jauh berbeda dengan ulasan sebelumnya, kali ini PULSA ingin memberikan informasi mengenai perbedaan Xiaomi Redmi 6 dengan perangkat Xiaomi seri sebelumnya yakni Redmi 5.

Apa saja? Berikut ulasannya.

Dari sisi desain ada perbedaan mendasar antara Redmi 6 dengan Redmi 5. Xiaomi Redmi 6 kini tampil dengan panjang body yang lebih pendek, namun Redmi 6 hadir dengan ketebalan body yang jauh lebih tebal yakni 8.3mm. Sedangkan Xiaomi Redmi 5 yang memiliki panjang body yang lebih panjang namun hadir dengan tampilan yang lebih slim yakni 7.8mm. Perbedaan lainnya terletak pada bagian belakang Redmi 6, perangkat ini kini dibekali dengan kamera ganda dibagian belakang sementara Redmi 5 masih menggunakan single kamera.

Dari sisi layar, Redmi 6 mengalami penurunan ukuran layar. Redmi 6 kini hanya dibekali dengan panel layar berukuran 5,45 inci dengan resolusi HD+ seperti layar yang tertanam pada Redmi 6A. Sedangkan layar pada Redmi 5 jauh lebih luas dengan dimensi 5,7 inci dengan resolusi layar yang serupa.

Fitur Xiaomi Redmi 6 (Xiaomi Indonesia)Fitur Xiaomi Redmi 6 (Xiaomi Indonesia)

Dari sisi kinerja, baik Xiaomi Redmi 6 dengan Redmi 5 sama-sama dibekali dengan prosesor octa-core. Perbedaannya, prosesor yang tertanam di Redmi 6 menggunakan chipset buatan Mediatek yakni Helio P20 sedangkan Redmi 5 mempercayakan perangkat ini dengan menggunakan chipset ciptaan Qualcomm yakni Snapdragon 450. Kedua prosesor ini memiliki clockspeed maksimal yang berbeda, untuk Redmi 6 memiliki clockspeed hingga 2.0 dengan pemrosesan 12 nanometer. Sementara Snapdragon 450  memiliki clockspeed hingga 1.8GHz dengan pemrosesan 14nm. Berdasarkan tes handphone yang menggunakan kedua chipset ini, keduanya sama-sama memiliki kinerja yang baik dalam mendukung beragam aktivitas. Namun, Mediatek mengklaim Helio P20 lebih hemat daya dibandingkan Snapdragon 450.

Departemen fotografi, Redmi 6 mengalami peningkatan dengan menyematkan kamera ganda di bagian belakang perangkatnya. Redmi 6 hadir dengan konfigurasi kamera belakang 13MP + 5 MP, kamera belakang yang tertanam ini menitik beratkan pada efek bokeh yang kini menjadi tren handphone masa kini. Sementara itu, untuk kamera belakang pada Redmi 5 hanya dibekali dengan single kamera yang memiliki resolusi 13 megapiksel. Sementara untuk kamera depannya, kedua perangkat ini sama-sama dibekali dengan sensor kamera 5 megapiksel. Namun kelebihan pada kamera depan pada Redmi 6 sudah didukung dengan AI Portrait dan AI Beautify.


Seperti ukuran layar, kapasitas baterai yang tertanam pada Redmi 6 juga mengalami penurunan kapasitas dan fitur yang ditanamkan. Redmi 6 hanya dibekali dengan baterai 3000 mAh tanpa dukungan fitur fast charging. Sementara untuk Redmi 5 telah dibekali dengan baterai 3300 plus kemampuan fast charging.

Selain itu, Redmi 6 kini tak dibekali dengan fitur infrared. Hal ini cukup disayangkan, karena infrared saat ini sudah menjadi fitur yang sangat berguna bagi para penggunanya.

Sebagai informasi, Xiaomi Redmi 6 akan tersedia di pasaran dengan 2 varian yang berbeda yakni versi 4GB/64GB yang dijual dengan harga Rp2.399.000, sedangkan untuk tipe RAM 3GB/32GB dijual dengan harga Rp1.999.000.