pulsa-logo

Resmi, Ini Fitur Unggulan iPhone XS, XS Max dan XR


PULSA

Kamis, 13 September 2018 • 07:10

iphone,iphone terbaru,iphone 2018,iphone XR,iPhone XS,iphone XS Max


Foto: PhonearenaFoto: Phonearena

Seperti kabar yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa pada 12 September Apple bakal merilis produk iPhone terbarunya. iPhone terbaru ini terdiri dari tga seri yakni Iphone XS, iPhone XS max dan iPhone XR. Seri XR merupkana model yang paling terjangkau diantara yang lain.

Lalu apa saja yang ditawarkan oleh Apple pada iPhone terbaru ini? Berikut beberapa detail spesifikasi yang diusungnya;

Desain

IPhone XS adalah versi upgrade dari iPhone X yang beredar tahun lalu, masih mempertahankan desain dan dimensi yang sama dengan layar 5,8 inci OLED, namun untuk kinerja tetap ditingkatkan, seperti penggunaan chipset yang luar biasa  A12 Bionic.

Nah, untuk IPhone XS Max, bisa dikatakan ini adalah pengganti model Plus pada generasi sebelumnya. Llayarnya lebih besar dari iPhone XS yakni 6,5 inci OLED, juga menggunakan chipset A12 Bionic dan beberapa kemampuan perangkat lunak yang ditampahkan, misalnya pemisah tampilan di beberapa aplikasi bawaan seperti email dan kalender yang kita kenal dari model iPhone Plus.

Namun demikian, iPhone XS dan XS Max sama-sama memiliki tampilan dan konstruksi yang mirip, bingkai stainless yang dipoles juga bagian depan dan belakang berlapis kaca, benar-benar penyegaran yang cantik untuk stylis.

Hadirnya pilihan warna silver dan space grey, iPhone X, XS dan XS Max juga akan ditawarkan dalam variasi yang memiliki varian warna emas yang dipadankan dengan bingkai berwarna emas juga. Terkait dengan lapisan kaca, Apple mengklaim bahwa kaca yang digunakan pada seri XS dan XS Max adalah kaca terkuat yang pernah digunakan pada smartphone.


Layar

foto: Phonearenafoto: Phonearena

Iphone XS dan XS Max hadir dengan layar OLED yang lebih baik dari iPhone X. Soal resolusi misalnya, hadir dengan 485 ppi  dan pada iPhone XS Max lebih tinggi demi menjaga kepadatan piksel yang sama di layar yang lebih luas.

Peningkatan besar lainnya  adalam adanya dukungan high-dinamic-range sehingga mendukung format HDR10 dan juga Dolby Vision. Selain itu, Apple tetap menghadirkan teknologi lainnya, seperti wide -color gamut, True Tone dan 3D Touch.

Kamera

Foto: PhonearenaFoto: Phonearena

Apple telah menerapkan sejumlah upgrade penting pada  sistem kamera pada iPhone XS dan XS Max. Meski measih mengandalkan setup dual kamera yang sama yakni 12 MP + 12 MP dengan model normal, dan mode tele zoom optikal 2x. Bedanya adalah, sensornya lebih besar dengan ukuran 1,4 mikron pixel (sebelumnya 1,22 mikron piksel).  sau lag, kamera ini juga memiliki fitur Smart HDR untuk memingkatkan kualitas gambar.

Smart HDR adalah fitur yang terdengar sangat mirip dengan apa yang sudah dikerjakan olej Google dengan Pixel, di mana perangkat bergantung pada saraf mesin dan mesin pembelajaran (berbasis AI) untuk menghasilkan foto yang bagus. Apple menjelaskan bahwa Ini akan memungkinkan lebih banyak detail yang ditangkap di kedua area sorotan dan bayangan.

Chipset A12 Bionic

Chipset terbaru A12 Bionic di iPhone XS dan XS Max bukan hanya sekedar perbhana nama tetapi ada peningkatan yang signifikan dengan dua 2 core berkinerja tinggi yang 15% lebih cepat dari sebelumnya, dan 4 core hemat daya yang 50% lebih efisien ketimbang A11. Terlebih lagi, pengontrol kinerja yang ditingkatkan akan memastikan bahwa beban kerja terbagi secara optimal di antara semua inti, Selain itu, keenam inti tersebut akan siap beraksi, ketika memerlukan lonjakan daya yang besar.

GPU juga ikut dipoles oleh Apple, prosesor grafis quad core terbaru dirancang khusus untuk memberikan peningkatan kinerja hingga 50%, lebih mumpuni untuk memainkan gam, dan tugas-tugas grafis yang intensif lainnya seperti Augmented Reality.

Hal yang besar adalah adanya Neural Engine baru, yang digunakan untuk pembelajaran mesin real time yang canggih. Tugasnya adalah mendeteksi pola, belajar dari pengalaman dan dengan demikian membuat prediksi mengenai hal-hal lain. Kerja teknologi yang sangat penting ini akan menjadi banyak manifestasi dan mencakup aplikasi sistem, serta aplikasi pihak ketiga yang dibuat oleh pengembang, yang dapat Anda peroleh dari App Store.

iPhone XR

Foto: PhonearenaFoto: Phonearena

Produk iPhone terbaru lainnya adalah seri iPhone XR.  Secara tampilan, XR menyandang desain dan fitur yang hampir mirip dengan dua seri iPhone terbaru lainnya, namun menggunakan jenis layar yang berbeda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, seri ini tampaknya menjadi varian yang termurah.

iPhone XR masih mempertahankan layar Liquid Retina, yaitu layar jenis LCD dengan besaran 6,1 inci dengan resolusi 1792 x 828 pixel dan memiliki kepadatan pixelnya 326 ppi.

Perbedaan lainnya dari dua seri lainnya adalah iPhone XS menggunakan bodi berbahan aluminum, bukan stainless steel. Selain itu, sertifikasinya hanya IP67, bukan IP68. Jadi, tidak tahan air. Hanya tahan ciprata air dan debu.

Fitur yang disunat lainnya adalah tidak adanya teknologi 3D Touch pada layarnya. Meski Apple menggantinya dengan sistem  Haptic Touch yang mirip di trackpad MacBook Pro.  Begitu juga dengan kamera. iPhone XR hanya dibekali satu lensa kamera belakang, sama seperti iPhone 8.

Untungnya,  iPhone XR menggunakan chipset yang sama seperti XS danXS Max, yaitu A12 Bionic, yang dibuat dengan pabrikasi 7nm, lengkap dengan pemrosesan AI Neural Engine terbaru. (*)

Sumber: Phonearena