pulsa-logo

Yang Baru di Apple Watch Series 4


Nariswari

Kamis, 13 September 2018 • 16:46

Apple,Apple watch Series 4


Apple Watch Series 4, Image; via GSMarenaApple Watch Series 4, Image; via GSMarena

Tiga tahun berturut-turut, Apple tidak melakukan perubahan berarti pada desain Apple Watch dan hanya memperkenalkan sedikit pembaruan perangkat keras. Upaya tersebut akhirnya dilakukan tahun ini, di mana Apple membuat sebuah revolusi dengan membawa perubahan besar di Apple Watch Series 4 yang diluncurkan pada 12 September 2018 kemarin.

Konsep desainnya sebenarnya hampir sama dengan Apple Watch generasi sebelumnya, akan tetapi ukurannya semakin besar dan sekarang memungkinkan untuk tampilan yang lebih besar untuk menyesuaikan berbagai fitur dan aplikasi yang ditampilkan di layar.

Jika Apple Watch sebelumnya tersedia model 38mm dan 42mm, Apple kini menawarkan Seri Watch 4 dalam pilihan ukuran 40mm dan 44mm yang mampu menampung konten visual 35% dan 32% lebih banyak di layarnya.

Apple Watch Series 4 menjalankan WatchOS yang memanfaatkan layar yang lebih besar dan tampilan smartwatch ini menunjukkan informasi yang lebih relevan. Sayangnya, masih belum ada fitur Always On Display sehingga sebagian dari Anda mungkin akan kecewa. Kendati demikian, ada kabar baik untuk pembeli potensial Apple Watch Series 4  karena sekarang semua versi akan datang dengan desain casing yang mewah dan elegan, berbahan keramik dan safir.

Selain itu, pada bagian tombol juga mendapat pembaruan keren. Yakni  terdapat tombol haptic umpan balik yang memungkinkan pengguna bisa memutar bagian sisi jam tangan pintar untuk masuk ke fungsi tertentu. Bagian lainnya yang tidak kalah penting adalah bahwa Apple menyebutkan bahwa Apple Watch Series 4  menghadirkan pembaruan speaker 50% lebih keras dan lebih nyaring.

Apple Watch Series 4  diotaki oleh  chipset Apple S4 generasi terbaru yang menggabungkan CPU dual-core 64-bit dan mendukung GPU yang lebih kuat. Keduanya memberikan kinerja hingga 2x lebih baik dibandingkan dengan chipset Apple S3.

Dari semua sensor yang terpenting  yang dihadirkan untuk piranti sandang salah satunya adalah monitor EKG (elektrokardiografi) baru yang menjanjikan kemampuan pelacakan detak jantung yang jauh lebih baik dan akurat. Sensor ini bekerja dengan  meletakkan jari Anda selama 30 detik pada panel tertentu, yang pada gilirannya terhubung ke elektroda yang diposisikan di bagian belakang. Hal ini memungkinkan untuk fitur-fitur di Apple Watch Series 4  yang berhubungan dengan detak jantung tingkat lanjut seperti pelacakan irama irama denyut jantung bisa terdeteksi dan terbaca dengan akurat.


Sensor giroskop baru yang jauh lebih canggih bisa melakukan pelacakan gerakan dan telah memungkinkan Apple mengembangkan algoritme yang mendeteksi gerakan “tidak biasa” yang dilakukan oleh pengguna. Misalnya terjatuh, tersandung dan semacamnya. Jadi jika Anda terjatuh dari tangga, misalnya, jam tangan pintar Apple ini akan mengirimkan semacam notifikasi pada Anda dengan pesan yang menanyakan apakah Anda ingin menelepon 911. Dan jika Anda tetap diam selama lebih dari 5 detik, Siri akan menghubungi ambulans secara otomatis.

Hebatnya, bahkan FDA telah menyetujui sensor EKG di Apple Watch Series 4 dan Apple berjanji untuk memberikan lebih banyak fitur dan sensor yang lebih ditingkatkan di akhir 2018.

Dengan semua sensor dan layar yang lebih besar, Anda mungkin bertanya-tanya apakah baterai di  Apple Watch Series 4 cukup memadai. Sayangnya, Apple tidak mengungkapkan rincian apapun di saat peluncuran Apple Watch Series 4 tetapi mengatakan bahwa Anda dapat mengharapkan daya tahan  hampir sama dengan generasi sebelumnya yakni  18 jam masa pakai baterai. Selain itu, dukungan konektivitas Bluetooth 5.0 LE diklaim akan membantu menghemat daya baterai.

Tak hanya  itu, Apple Watch Series 4  mendukung semua jenis band model sebelumnya. Jadi, bagi pemilik smartwatch Apple Watch  lama yang berencana ingin membeli Apple Watch Series 4, maka Apple Watch Series 4 ini  kompatibel dengan semua tali jam yang dirilis sebelumnya.

Terkait dengan harga banderol, Apple Watch Series 4  versi GPS dibanderol mulai dari USD$ 399 sedangkan versi 4G/LTE dibanderol USD $ 499 dan kedua versi akan tersedia mulai Jumat depan, 21 September dengan pre-order mulai Jumat ini, 14 September 2018.

Kabarnya, untuk tahap awal Apple Watch Series 4 akan diluncurkan di 26 negara, sedangkan versi seluler akan didukung hanya di 16 negara. (Naris/Ozi)

(Sumber)