pulsa-logo

Ini Negara dengan Harga iPhone Paling Murah di Dunia


PULSA

Jum'at, 14 September 2018 • 10:27

iphone,iphone XR,iphone XS Max,Iphone XR,harga iphone termurah,harga iphone XS


foto: Phonearenafoto: Phonearena

iPhone terbaru menjadi seri termahal yang pernah dirilis oleh Apple. Nah, soal harga iPhone, Indonesia termasuk Negara yang paling mahal untuk membeli iPhone. Contohnya saja, untuk harga iPhone X yang dirilis tahun lalu varian paling rendah mencapai Rp20 jutaan. Padahal, harga publish resmi dari Apple adalah 1000 dolar AS atau setara dengan Rp13.500.000, dengan rate per dolar waktu itu mencapai Rp13.500.

Harga ini memang bisa terpengaruh pada kebijakan di masing-masing Negara, terkait dengan pajak-pajak yang dikenakannya. Di Eropa, harga iPhone pun terbilang lebih mahal. Misalnya saja untuk iPhone XR (varian paling murah) setara dengan 1000 dolar AS.

Nah, ternyata, iPhone tetap lebih murah di Amerika Serikat  (AS). Di sana, iPhone XR bisa didapatkan dengan harga 750 dolar AS.   

Berikut perbandingan harganya;

Perbandingan harga iphone di Eropa dan ASPerbandingan harga iphone di Eropa dan AS

Lalu mengapa di Eropa iPhone dijual lebih mahal?  Sementara pengguna di AS bisa mendapatkannya lebih murah.

Seperti yang sudah disinggung tadi, alasannya adalah ... pajak. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bervariasi dari 18% di Malta dan 19% di Jerman bahkan ada yang mencapai 25%. Jadi di Jerman harga iPhone XR bisa mencapai sekitar € 690 untuk varian terendah dengan tambahan pajak € 160 untuk PPN, sehingga konsumen di sana mendapatkan perangkat yang sama dengan harga yang lebih mahal banyak daripada pelanggan di AS.


Juga, perlu diingat bahwa harga di Eropa terdaftar dengan PPN termasuk, sementara di AS, Anda harus membayar pajak negara di atas jumlah yang disebutkan dalam tabel pertama (kecuali Anda tinggal di negara bebas pajak seperti Delaware).(*)

Sumber: Phonearena