pulsa-logo

Ini Strategi Apple Agar iPhone Lebih Greget di Pasar Tiongkok


Nariswari

Senin, 17 September 2018 • 10:44

apple,iphone,iphone XR,iphone dual SIM


iPhne XS, Iphone XS max dan iPhone XR, sumber: PhonearenaiPhne XS, Iphone XS max dan iPhone XR, sumber: Phonearena

Apple secara resmi telah memperkenalkan jajaran iPhone generasi terbarunya yakni iPhone XS, iPhone XS Plus dan iPhone XR pada hari Rabu (12/9) lalu, dan pada event konferensi pers peluncuran iPhone terbaru, Tim Cook (CEO Apple) memberikan kesempatan sesi wawancara dengan media. Di mana pada kesempatan tersebut Tim Cook berbicara banyak hal  tentang harga produk iPhone saat ini, dan beberapa hal penting terutama terkait dengan pasar smartphone di Tiongkok. Dan dari pemaparannya, ada beberapa hal yang sangat menarik untuk disimak.

Berbicara tentang harga iPhone terbaru, Tim Cook menjelaskan bahwa Apple selalu menemukan segmen pasar yang “bersedia” untuk membeli produk paling inovatif Apple. Dan Apple selama ini konsisten untuk meluncurkan produk inovatif dan cukup wajar jika memiliki nilai banderol yang cukup tinggi.

Jika dinilai “agak condong ke segmen high-end”, Tim Cook menjelaskan bahwa sebenarnya Apple juga memperluas segmen pengguna dengan meluncurkan iPhone 7, iPhone 8 dan iPhone XR. Ketiga seri iPhone baru tersebut ditawarkan dengan harga yang lebih kompetitif, yang memungkinkan Apple untuk menjangkau lebih banyak lapisan konsumen di seluruh dunia.

Dalam wawancara lain, Tim Cook secara terbuka mengomentari  pasar Tiongkok yang disebutnya “menarik” dan unik. Ada kekhasan pada pasar smartphone Tiongkok. Misalnya, ia menunjukkan bahwa dukungan dual-SIM adalah sesuatu yang sangat penting di pasar Tiongkok, serta fitur-fitur seperti QR Code.

Fitur  QR Code, adalah fitur yang cukup penting untuk dihadirkan di smartphone di  pasar Tiongkok daripada di pasar lain. Untuk itulah Apple menawarkan penggunaan QR Code di iPhone.

Sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang keputusan Apple untuk menawarkan iPhone dalam ukuran layar yang berbeda, Tim Cook menjelaskan bahwa tiap-tiap pelanggan memiliki berbagai kebutuhan ponsel cerdas yang berbeda-beda. Mulai dari ukuran layar yang berbeda, hingga teknologi layar dan lain sebagainya.

Nah, konsumen yang terutama orang Tiongkok, memiliki kebutuhan smartphone yang cenderung  lebih memilih smartphone berlayar lapang. Di sinilah yang kemudian mendorong Apple untuk merilis iPhone dalam beberapa seri yang berbeda yang didasarkan perbedaan ukuran layar. Dan mendorong Apple untuk menggarap iPhone dengan  ukuran layar lebih lapang, seperti iPhone generasi terbaru yakni iPhone XS MAX yang memiliki ukuran layar 6.5 inci dengan layar Super Retina yang diluncurkan 12 September 2018 lalu. (*)


Sumber: Gizchina

 

    2018-12-05 14:42:20


    iPhone 4S di Tahun 2018?