pulsa-logo

Inilah 12 Fitur Baru di iOS 12


Kurdi

Selasa, 18 September 2018 • 15:35

update iOS 12,fitur iOS 12, apple iphone


Sumber foto : apple.comSumber foto : apple.com

Seperti biasa, setiap setahun sekali, atau setidaknya menjelang peluncuran ponsel Apple terbaru, software untuk perangkat ponsel Apple mengalami pembaharuan. Tahun ini adalah tahunnya iOS 12. Dipercaya membawa update besar-besaran untuk pengguna iPhone,iPad dan iPod Touch, software ini sudah dapat didownload dan diimplementasikan sejak kemarin 17 September 2018.

Bagi anda yang masih ragu untuk melakukan update, kami akan membeberkan beberapa fitur anyar yang dimiliki iOS 12 dalam uraian singkat berikut ini.

1. Memoji

Dengan Memoji (baca: Mi moji), pengguna bisa membuat emoji teranimasi dengan tampilan yang mirip dengan dirinya, atau setidaknya mewujudkan hasrat terdalam di hati Anda untuk memiliki tampilan seperti apapun yang Anda mau.

2. Group Facetime

Kita bisa melakukan video chat dengan banyak orang atau disebut Group FaceTime. Semua wajah peserta akan muncul di layar dalam susunan saling tumpang tindih dengan ukuran bujur sangkar yang berbeda.

3. Screen Time



Screen Time merupakan aplikasi manajemen yang dengan pintar dapat melaporkan berapa lama penggunanya menyalakan ponsel dan menggunakannya secara aktif. Setiap minggu, aplikasi ini akan melaporkan penggunaan iPhone ke dalam grafis yang mudah dimengerti.

4. App Limit

Kemampuan Screen Time terintegrasi dengan satu aplikasi lain yang disebut dengan App Limit. Kalau Screen Time hanya bersifat melaporkan pengguna iPhone setiap minggunya, maka App Limit akan lebih kejam lagi membatasi penggunaan aplikasi.

5. Privacy dan Security Anyar

Layaknya setiap update iOS yang selama ini diluncurkan Apple, fitur Privacy dan keamanan menjadi prioritas utama. Di browser Safari misalnya, sistem intelligent Tracking Prevention yang lebih baik akan melakukan blok terhadap widget yang melakukan like, share dan komen tanpa seijin pengguna browser.

6. Bedtime Mode di Do Not Disturb

Fitur Do Not Disturb sudah ada sejak beberapa iOS yang lalu, tapi layaknya iOS 11 yang mendapat update untuk mode drive, iOS 12 juga mendapat update untuk Bedtime. Fitur ini didesain agar Anda bisa menggunakan ponsel tanpa diganggu oleh notifikasi-notifikasi tidak penting di jam tidur Anda.

7. Deliver Quietly di Notifikasi

Notifikasi di iOS 12 sudah diperbaiki dengan sangat signifikan. Sejumlah fitur dan pilihan on the fly hadir untuk memudahkan kita mengamankan ponsel, atau pesan yang sensitif agar tidak bisa dilihat orang lain. Deliver Quitely adalah salah satu fitur pada notifikasi baru yang memungkinkan hal ini.

8. Shortcuts pada SIRI

SIRI diciptakan untuk memudahkan kehidupan pengguna iPhone. Tapi pada prakteknya kerap di luar ekspektasi dan akhirnya jadi tidak terpakai. Melalui fitur Shortcut pada SIRI, kita bisa meningkatkan kemampuan SIRI melalui integrasi dengan Aplikasi-aplikasi pihak ketiga, dimana kita bisa mengaturnya sendiri secara manual agar mendapatkan output yang maksimal sesuai kebutuhan.

9. For You di Aplikasi Foto

Seperti halnya di Apple Music, kita akan menemukan tab For You di fitur foto. Tab ini akan mengajak kita masuk ke memori-memori pilihan, sejumlah foto yang baru saja diterima, atau dikirimkan, foto yang diambil beberapa tahun lalu, atau sejumlah kumpulan foto yang siap diedit untuk menjadi koneten baru yang penuh dengan nostalgia.

10. iMessage yang Lebih Atraktif dan Kreatif

Aplikasi Message kini mendapatkan sejumlah tambahan fitur. Mengirimkan foto langsung dari message, menambahkan filter, efek dan stiker atau menggambar dengan jemari Anda langsung di foto tersebut akan meningkatkan keseruan saat berbagi pesan.

11. Format file USDZ

Apple memperkenalkan format file baru yang disebut USDZ. Merupakan format yang dikembangkan Bersama Pixar, yang memungkinkan asset AR (Augmented Reality) untuk digunakan di sejumlah aplikasi dalam system ini (iOS 12). Semisal di Safari, Message, Mail, dan sebagainya. USDZ akan memungkinkan kita meletakkan obyek AR ke dalam dunia nyata melalui aplikasi-apliaksi yang disebutkan di atas. Saat ini Apple masih mengupayakan agar sejumlah aplikasi dari perusahaan lain pun dapat mengimplementasikan format file ini. Termasuk dengan Adobe.

12. Peningkatan Performa yang Signifikan

Selain fitur-fitur yang langsung kita rasakan karena tersedia dalam bentuk pilihan dan aplikasi, sesungguhnya fitur utama dari iOS 12 adalah efektivitas yang lebih baik serta manajemen daya yang paling pas untuk chipset-chipset Apple saat ini. Hal tersebut diakui Apple akan mampu meningkatkan kinerja iPhone lawas, semisal iPhone 6 Plus hingga 40 % lebih cepat dibandingkan saat menggunakan iOS 11.

(krd/as)