pulsa-logo

Qualcomm Sedang Garap Prosesor Gahar untuk PC


Nariswari

Jum'at, 21 September 2018 • 10:25

qualcomm,snapdragon,ARM,qualcomm untuk PC


Foto: GizchinaFoto: Gizchina

Sebuah bocoran terbaru menunjukkan bahwa Qualcomm tengah menyiakan prosesor paling gres yakni Snapdragon 8180 (SCX8180), juga dikenal sebagai Snapdragon 1000 (SDM1000), dengan name code Poipu. Prosesor ini diketahui memiliki kinerja yang sangat gahar.

Memiliki 8,5 miliar transistor yang menakjubkan, dan menggunakan proses 7nm, chipset berukuran 20 x 15mm ini adalah hasil kerjasama antara Microsoft dan Qualcomm dalam mengembangkan laptop Windows10 berbasis ARM.  Laptop ini sebenarnya agak mirip dengan notebook 2-in-1 besutan Intel, tetapi perbedaan utamanya adalah kombinasi Windows 10 dan Qualcomm.

Microsoft Windows 10 dengan arsitektur ARM diprediksi menjadi computer masa depan, dan proyek ini terus mengalami pengembangan. Perangkat yang didukung oleh prosesor Snapdragon dapat dengan mudah menjalankan aplikasi seperti Photoshop karena Microsoft telah mengembangkan emulator untuk menjalankan aplikasi x86 pada perangkat baru ini. Maka, dengan processor Snapdragon 8180,  ini berarti Anda dapat mengunduh sebagian besar file exe dari web dan memasangnya di perangkat yang didukung ARM tersebut.

Tidak seperti PC pada umumnya, laptop berbasis Windows 10 berbasis ARM tersebut dioptimalkan untuk menghemat baterai dan konektivitas internet. Perangkat pertama yang telah diluncurkan memang masih banyak dirkitik tapi Qualcomm telah memperbaikinya.

Tentu saja, perangkat ini dapat menjalankan sebagian besar perangkat lunak yang ada di desktop saat ini. Seperti misalnya aplikasi Photoshop yang dapat berfungsi dengan baik pada perangkat ini. Meskipun masalah performa masih tetap mengganjal.

Perlu disebutkan bahwa processor Qualcomm Snapdragon 8180 telah muncul laman pengujian Geekbench dan informasi penting lainnya menunjukkan bahwa chipset superior ini memang  dirancang untuk laptop. (*)

Sumber: Gichina