pulsa-logo

Pertama Kali, Pabrikan Smartphone Cina Raup Keuntungan 2 Miliar Dolar AS


PULSA

Jum'at, 21 September 2018 • 11:27

huawei,apple,samsung,keuntuungan industri smartphone,penguasa smartphone global


ilustrasiilustrasi

Menurut riset terbaru ang dikeluarkan Counterpint Research, periode April-Juni 2018 keuntungan di industri handset secara global naik 4% per tahun. Kenaikan ini terutama ditopang oleh pabrikan smartphone asal Cina yang agresif. Jika ditotal, pabrikan asal Cina berhasil meraup keuntungan 2 miliar dolar AS dan ini merupakan pencapaian pertama.

Seperti diketahui, pabrikan asal Cina mulai masuk ke segmen premium seperti hanya yang dilakukan oleh Oppo, vivo dan Huawei. Mereka menawarkan disain dan fitur yang segar seperti yang terdaoat pada Oppo Find X, vivo Nex dan Huawei P20 Pro.

Ekspansi ke Negara-negara mapan juga diperkirakan akan terus mendorong pertumbuhan meskipun hal tersebut juga akan dihadapkan dengan kondisi dimana konsumen kini memiliki siklus yang lebih malam dalam mengganti perangkat mereka.

Menariknya, diantara banyak pabrikan, justru Apple yang paling banyak eraup keuntungan. Apple sendiri mengantongi 62% dari seluruh keuntungan handset secara global. Posisi keddua dipegang oleh Samsung dengan 17% dan Huawei 8%.

Laba Samsung menurun 21% per tahun karena lemah penjualan Galaxy S9. Pengiriman Galaxy S9 menurun 24% di Q2 2018 dibandingkan dengan seri Galaxy S8 di Q2 2017. (*)

Sumber: Counterpoint