pulsa-logo

Huawei Yakin Kirin 980 akan Libas Apple A12 Bionic


PULSA

Senin, 24 September 2018 • 18:03

huawei,kirin,kirin 980,kirin 980 vs A12 bionic,benchmark kirin


foto: Techradarfoto: Techradar

Apple belum lama ini merilis iPhone XS dengan prosesor A12 Bionic terbaru bebasis proses 7nm. Sebelumnya Huawei juga telah mengenalkan prosesor terbaru yang juga dikemas dengan pross produksi 7nm yakni Kirin 980.

Prosesor terbaru Huawei itu digadang-gadang bakal memulai debutnya lewat flagship terbaru Mate 20 Pro yang hadir pada 16 Oktober mendatang. Nah, pada momen produk brief di Dubai, seperti dikutip dari Tehcradar, Huawei menyebutkan bahwa pihaknya yakin prosesor itu akan lebih baik daripada Apple A12. Proses pembuatan Kirin 980 telah dimulai sejak tiga tahun dan ada tiga area yang difokuskan oleh Huawei yaitu Daya dan Efisiensi, Kecerdasan, dan, Konektivitas.

Kirin 980 memiliki 6,9 miliar transistor yang merupakan angka yang sama dengan yang telah berhasil dikemas oleh Apple pada A12 Bionic. Huawei mengklaim bahwa Kirin 980 akan 75% lebih cepat daripada generasi sebelumnya menyangkut kinerja CPU dan 46% lebih cepat untuk GPU. Menurut Huawei, efisiensi daya prosesor jauh lebih baik dengan capaian 57% dan yang sangat mengesankan 178% lebih baik pada kinerja GPU. Kemajuan ini sudah dipastikan bahwa Kirin 980 lebih cepat dan jauh lebih efisien.

Soal kecerdasan, Huawei telah menggandakan chip NPU dengan pemrosesan video real-time serta kemampuan mengenali 4.500 gambar per menit. Prediksi memuat pada AI juga akan membuat prosesor jauh lebih cerdas dalam memastikan kapan harus menggenjot kinerja dan kapan harus menghemat daya.

Selain itu, untuk konektivitas, Kirin 980 akan menjadi prosesor pertama di dunia yang mendukung LTE Cat.21 dengan kecepatan unduh tertinggi pada 1.4Gbps. Mengingat bahwa Huawei juga memiliki perangkat infrastruktur telekomunikasi di UAE, sehingga pengguna di sana bisa menikmati internet kecepatan tinggi yang lebih baik.

Kirin 980 akan menjadi salah satu prosesor terbaik untuk tahun ini dan akan menarik untuk melihat perbandingannya dengan chip besutan Apple terbaru. (*)

Sumber: techradar