pulsa-logo

Dibanderol Mahal, Ternyata Modal Apple Bikin iPhone XS Max Cuma Segini


PULSA

Rabu, 26 September 2018 • 09:55

apple,iphone,iphone xs max,harga modal iphone,iphone teardown


courtesy: Techinsightscourtesy: Techinsights

Harga iPhone terbaru dijual lebih mahal dari produk tahun lalu. Di Indonesia, belum lama ini muncul harga non resmi untuk iPhone XR dengan kisaan Rp21 juta. Lalu bagaimana dengan varian iPhone yang lebih tinggi seperti iPhone XS dan iPhone XS Max?  

Saking berasa mahal, harga iPhone XS Max ini juga pernah dibandingkan dengan harga mobil bekas. Seerti pada sebuah artikel yang diunggah GSMArena kemarin (25/7). Meskipun kami percaya bahwa kebanyakan pembeli iPhone XS Max sebagian besar sudah memiliki mobil. Nah, yang membuat penasaran adalah, berapa sih modal Apple untuk membuat iPhone berharga Rp20 juta lebih?

Seperti biasa, perusahaan analisa paten dan inovasi teknologi Techinsight yang berbasis di Kanada punya perkiraan mengenai seberapa besar modal dasar pembuatan iPhone. Nah, untuk iPhone XS Max varian 256 GB diperkirakan hanya 443 dolar AS atau sekitar Rp6,5 jutaan atau naik 50 dolar AS dari perkiraaan modal dasar iPhone X varian 64 GB.

courtesy: TechInsightscourtesy: TechInsights

Komponen yang paling mahal adalah layar sebesar 6,5 inci yang mencapai 80,5 dolar AS. Kemduian kompnen termahal lainnya adalah chipset A12 Bionic dan modem yang mencapai 72 dolar AS. Selanjutnya ada memori internal dengan 64 dolar AS dan casing 58 dolar AS. Kamera juga cukup mahal dengan harga 44 dolar AS. Menariknya, biaya ini hampir sama dengan biaya yang ditampilkan pada iPhone X tahun lalu.

Jadi jika perkiraan harga modal Apple ini mendekati kebenaran, tal heran jika Apple berhasil meraup paling besar keuntungan dari industry smartphone secara keseluruhan. (*)

Sumber: TechInsights via Phonearena