pulsa-logo

ECG, Fitur Unggulan di Apple Watch 4 Belum Dapat Restu di AS dan Eropa


Nariswari

Jum'at, 28 September 2018 • 17:14

apple,watch,apple watch 4,ECG


Apple Watch 4, foto: GSMAremaApple Watch 4, foto: GSMArema

Tidak diragukan lagi, fitur paling keren dari Apple Watch Series 4 adalah monitor electrocardiogram (ECG)-nya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa fungsi ini hanya akan tersedia untuk pelanggan di Amerika Serikat saja, dan ada kemungkinan ke Kanada.Lalu bagaimana dengan pengguna di belahan dunia lainnya yang menggunakan Apple Watch Series 4? Apakah mereka tidak dapat menikmati fungsi ECG di smartwatch terbaru Apple tersebut?

Sepertinya iya. Dan jelas, ini sangat mengecewakan, jika kita melihat bahwa fungsi ECG adalah bagian teknologi yang cukup penting dan mahal yang dihadirkan di Apple Watch Series 4. Sangat disayangkan jika kita tidak dapat menggunakannya sepenuhnya. Maka cukup wajar, jika kemudian penggemar Apple di seluruh dunia ingin tahu bilamana fitur tersebut akan disetujui oleh otoritas lokal mereka.

Perlu Anda ketahui, UK's Medicines and Healthcare products Regulatory Agency (MHRA) atau  Badan Regulasi Obat dan Kesehatan Inggris ikut angkat bicara tentang hal ini dan mereka mengatakan bahwa prosesnya memang sederhana tetapi memakan waktu sangat lama.

Apple harus melakukan penelitian medis dan menginformasikan ke pihak MHRA 60 hari sebelumnya. MHRA memiliki waktu sekitar  60 hari untuk menyetujui penelitian  Apple dan memungkinkan Apple untuk melaksanakannya serangkaian penelitian. Tergantung pada skala penelitian,  bisa memakan waktu berbulan-bulan sampai bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Dan ini berpotensi memakan waktu hingga bertahun-tahun untuk disetujui di satu  negara.

Karena Inggris masih di Uni Eropa, jika monitor ECG disetujui oleh MHRA, lisensi dari MHRA tersebut dapat berlaku untuk agensi lain yang setara di negara-negara Eropa lainnya.

Apple mendapat persetujuan penggunaan fungsi ECG di FDA di Amerika Serikat  hanya sehari sebelum peluncuran jam tangan pintar tersebut.(*)

Sumber: 9to5mac via GSMArena