pulsa-logo

Adu Fitur Handphone 2 Jutaan, Huawei Nova 2 Lite VS Samsung Galaxy J6


Deni Hardian

Senin, 01 Oktober 2018 • 19:15

huawei nova 2 lite,galaxy j6,adu fitur


Saat ini angka 2 Jutaan merupakan angka 'nanggung' untuk membeli ponsel. Pasalnya Anda akan dihadapkan pada pilihan yang hampir seragam, atau produk yang hanya mengalami sedikit peningkatan dari produk-produk entri level.

Sejumlah vendor global masih menawarkan produk yang menggoda di angka ini. Dan apabila dana Anda benar-benar mepet di angka segini, maka pilihannya bisa jadi hanya dua produk ini. Huawei Nova 2 Lite dan Samsung Galaxy J6. Dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda, keduanya sudah resmi beredar dengan menawarkan sejumlah fitur menawan. Berikut ini adalah sejumlah perbedaan yang bisa ANda temukan di dua produk tersebut.

 

Desain

Huawei Nova 2 Lite

158.3 x 76.7 x 7.8 mm / 155 gram

Samsung Galaxy J6


149.3 x 70.2 x 8.2 mm / 154 gram

Berbicara soal tampilan desain yang ditawarkan, Huawei Nova 2 Lite hadir dengan tampilan kekinian serta balutan material desain yang ciamik. Ukuran produk ini bisa dibilang tidak kecil dengan layar yang cukup lebar, yakni 5.99 inci. Namun demikian bodinya terasa ramping di kelasnya, dengan ketebalan hanya 7.8mm. Tak hanya tipis, hadirnya bezel yang juga sempit membuat perangkat ini terlihat semakin menawan.

Sementara itu, Galaxy J6 masih setia dengan tampilan desain yang tak jauh berbeda dengan seri Galaxy J lainnya. Perangkat ini hadir dengan ukuran layar yang mungil 5.65 inci. Meski mengusung tampilan desain yang konvensional, Galaxy J6 juga sudah dibekali dengan desain yang cukup slim pula dengan ketebalan mencapai 8.2 mm.

Lalu beralih ke bagian penting lain di sisi desain. Kedua handphone ini sama-sama mengusung dual slot kartu sim dan slot kartu microSD secara terpisah. Hal ini tentunya memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk menambah daya simpan data pengguna.

Layar dan UI

Huawei Nova 2 Lite

IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors; 5.99 inches, 720 x 1440 pixels, 18:9 ratio (~269 ppi density); OS: Android 8.0 (Oreo) / EMUI 8.0

Samsung Galaxy J6

Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors; 5.6 inches, 720 x 1480 pixels, 18.5:9 ratio (~293 ppi density), Corning Gorilla Glass; OS: Android 8.0 (Oreo) / Samsung Experience 9.0

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kedua handphone ini memiliki besaran layar yang berbeda. Huawei Nova 2 Lite hadir dengan ukuran layar yang besar 5.99 inci dengan resolusi HD+ dan rasio layar 18:9 plus. Ditambah lapisan kaca 2.5D semakin membuatnya nyaman saat diakses menggunakan jemari kita. Selain itu, Huawei juga memberikan beberapa opsi dalam teknologi layar yang ditanamkan. Mulai dari pengaturan resolusi berkat hadirnya fitur smart resolution, opsi layar penuh untuk setiap aplikasi yang tertanam serta fitur perlindungan mata saat menggunakan perangkat ini dalam kondisi cahaya minim..

Sementara itu Samsung Galaxy J6 hadir dengan ukuran layar yang lebih mungil dengan dimensi 5.6 inci dengan resolusi layar HD+ dan rasio layar 18.5:9. Nilai lebih dari layar yang tertanam pada Galaxy J6 adalah teknologi layar yang ditanamkan, Galaxy J6 hadir dengan teknologi layar Super AMOLED yang memberikan kualitas layar yang lebih tajam dan detail warna yang lebih menggoda. Selain itu, Galaxy J6 sudah dilapisi lapisan kaca Corning Gorilla Glass yang membuatnya lebih tahan terhadap goresan.

Meskipun memiliki teknologi layar yang sedikit lebih baik, namun besaran layar yang tertanam menjadi menjadi hal yang penting. Hal ini dikarenakan dengan ukuran layar yang lebih besar tentunya memberikan kenyamanan yang lebih baik dalam mendukung aktivitas gaming, multimedia dan lainnya.

Beralih ke sektor UI, kedua handphone ini sama-sama mengusung sistem operasi Android 8.0 Oreo. Namun kedua handphone ini hadir dengan user interface yang berbeda, untuk Huawei Nova 2 Lite hadir dengan UI EMUI 8.0 yang hadir dengan fitur pendukung yang menarik mulai dari mini screen view dan shifting keyboard, fitur kontrol gerak dan yang lainnya.

Sementara untuk Galaxy J6, ponsel ini sudah mengadopsi versi terkini Android Oreo 8.0 yang dibalut dengan Samsung Experience 9.0. Namun, sedikit berbeda dengan Nova 2 Lite, UI yang tertanam tidak memiliki fitur tambahan menarik di dalamnya.

Kinerja

Huawei Nova 2 Lite

Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430, Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 505; RAM 3GB, internal 32GB; Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Samsung Galaxy J6

Exynos 7870 Octa, Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T830 MP1; RAM 3GB, internal 32GB; Baterai: Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Berbicara sektor kinerjanya, kedua perangkat ini sama-sama hadir dengan dukungan prosesor octa-core plus dukungan RAM 3GB dan memory internal 32GB. Tak hanya itu, kedua perangkat ini juga telah dibekali dengan baterai berkapasitas 3000 mAh untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Secara kinerja, kedua perangkat ini sama-sama mampu menghadirkan kinerja yang sama baiknya dalam mendukung berbagai aktivitas mulai dari bermain game, multimedia hingga aktivitas sehari-hari lainnya.

Fotografi

Huawei Nova 2 Lite

Belakang: 13 MP, f/2.2, PDAF + 2 MP, depth sensor, LED flash, HDR, panorama; Video: 1080p@30fps; Kamera depan: 8 MP, f/2.0, LED Flash

Samsung Galaxy J6

Belakang: 13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF, LED flash, panorama, HDR; Video: 1080p@30fps; Kamera depan: 8 MP, f/1.9, LED flash

Beralih ke fasilitas fotografi, di segmen ini Huawei Nova 2 Lite memiliki kamera dan fitur-fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan Samsung Galaxy J6. Bagaimana tidak, Huawei Nova 2 Lite sudah menyematkan kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 13MP + 2MP. Tak hanya mampu menghasilkan efek bokeh, Huawei juga menyematkan beragam fitur pendukung untuk memaksimalkan kamera belakang yang tertanam mulai dari mode food, HDR, watermark dengan berbagai opsi yang menarik dan filter kamera. Selain itu, kamera belakang yang tertanam memberikan opsi kepada pengguna untuk mengatur tingkat kehalusan objek wajah dan mengatur tingkat blur yang mampu dihasilkan.

Sementara itu, Samsung Galaxy J6 sebenarnya menjanjikan dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel dengan bukaan lensa atau diafragma besar, yaitu F/1.9. Sayangnya hadirnya difargma besar ini tidak ditemani oleh fitur-fitur yang memaksimalkannya. Bahkan pada mode Pro pun tidak ada pengaturan manual fokus atau pun manual aperture (diafragma/f-stop) untuk memudahkan membuat foto dengan efek bokeh.

 

Untuk aksi selfie, kedua perangkat ini sama-sama dibekali dengan kamera depan beresolusi 8 megapiksel yang ditemani oleh lampu flash LED. Secara kualitas, kamera depan yang tertanam sudah sama-sama memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto selfie dengan kualitas yang baik apalagi dengan tambahan lampu flash yang tertanam semakin memanjakan pengguna dalam melakukan selfie pada kondisi cahaya yang minim.

Fitur Tambahan

Meski tergolong handphone kelas menengah, namun fitur keamanan yang dimiliki kedua ponsel ini terbilang lengkap. Ponsel ini pun sudah dilengkapi  2 fitur pengunci layar berbasis biometrik yang populer, yakni fingerprint scanner dan face recognition. Selain itu, kedua ponsel ini juga sama-sama dibekali dengan fasilitas konektivitas yang lengkap dikelasnya. Mulai dari akses jaringan 4G LTE, WiFi, Bluetooth hingga port microUSB 2.0.

Kesimpulan

Huawei Nova 2 Lite sudah cukup memberikan fitur menarik khas ponsel masa kini mulai dari panel layar berukuran besar dengan teknologi fullscreen plus aspek rasio layar 18:9, kamera ganda dengan efek bokeh, kamera depan dengan kualitas yang cukup mumpuni dan yang paling penting adalah kinerja yang apik. Selain itu, perangkat ini juga sudah dibekali dengan fitur keamanan berlapis seperti fingerprint dan face unlock. Hal ini tentunya memberikan nilai tambah tersendiri bagi pengguna yang menginginkan perangkat handphone dengan fitur keamanan yang baik.

Sementara Samsung Galaxy J6 hanya memiliki keunggulan dari sisi teknologi layar yang ditanamkan, berbekal teknologi infinity display memang kualitas layar yang ditanamkan tak jauh berbeda dengan perangkat Samsung Galaxy A series yang beredar di pasaran, namun dari sisi fotografi, fitur pendukung perangkat ini jauh tertinggal dibandingkan dengan Huawei Nova 2 Lite. Meski begitu, Galaxy J6 juga sudah dibekali dengan fitur keamanan berlapis seperti Huawei Nova 2 Lite.

Dari sisi harga, lagi-lagi Huawei Nova 2 Lite lebih menggoda dengan banderol harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Samsung Galaxy J6. Seperti diketahui, Nova 2 Lite dijual dengan harga hanya Rp2.2 jutaan, sementara Galaxy J6 dijual dengan harga Rp2,5 jutaan. Perbedaan harga ini tentunya sangat berpengaruh bagi konsumen yang memiliki dana terbatas.