pulsa-logo

Ini Beda Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan Redmi Note 5


Deni Hardian

Selasa, 02 Oktober 2018 • 12:55

xiaomi,xiaomi redmi note,xiaomi redmi note 6 pro,xiaomi redmi note 5,beda xiaomi redmi note 6 pro dengan redmi note 5,4 kamera,quad camera,oreo,android,tabloidpulsa,adu fitur


Xiaomi Redmi Note 6 Pro vs Xiaomi Redmi Note 5Xiaomi Redmi Note 6 Pro vs Xiaomi Redmi Note 5

Dikabarkan akan segera melenggang di pasaran, kehadiran Xiaomi Redmi Note 6 Pro tentunya menjadi kabar yang menggembirakan bagi para pecinta handphone Xiaomi. Dengan membawa 4 kamera dalam satu perangkat, kehadiran handphone ini seolah ingin mendobrak kedigdayaan Huawei yang menguasai handphone 4 kamera yang tersedia di pasaran. Memang, Asus juga menghadirkan handphone dengan fitur ini, namun gaungnya kalah jauh seiring dengan rendahnya tingkat edukasi dan promosi ke konsumen.

Terlepas dari hal itu, kehadiran Redmi Note 6 Pro di pasaran sebenarnya tidak menghadirkan sesuatu yang sangat baru, perangkat ini bahkan memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan perangkat handphone Xiaomi lainnya yakni Xiaomi Redmi Note 5 yang sudah edar di pasaran. Secara spesifik Redmi Note 6 Pro memiliki kesamaan fitur dengan Redmi Note 5 mulai dari chipset hingga kapasitas baterai yang ditanamkan.

Kali ini PULSA akan mengulas perbedaan spesifikasi yang ditanamkan antara Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan Xiaomi Redmi Note 5. Berikut ulasannya.

1. Desain

Secara desain, kedua perangkat ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda. Keduanya hadir dengan desain khas handphone Xiaomi dimana perangkat ini hadir dengan lekukan di setiap sudutnya yang membuatnya tampil dinamis. Di bagian depan, kedua perangkat ini di dominasi dengan panel kaca tanpa adanya tombol fisik. Selain itu, perangkat ini juga menempatkan sensor sidik jari di bagian tengah atas pada bagian belakang. Perbedaan yang cukup mencolok dari kedua perangkat ini adalah dimensi body yang tertanam pada Redmi Note 6 Pro sedikit lebih besar dibandingkan dengan Redmi Note 5. Hal ini dikarenakan, Redmi Note 6 Pro memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar dengan dimensi layar yang mencapai 6.26 inci.

Perbedaan dari sisi desain terletak pada tambahan poni di bagian atas layar yang tertanam pada Redmi Note 6 Pro. Dimana layar poni ini tidak hadir pada Redmi Note 5.

2. Layar dan UI


Seperti yang sudah disebutkan di atas, Redmi Note 6 hadir dengan ukuran layar yang lebih luas dibandingkan dengan Redmi Note 5 yang beredar di pasaran. Redmi Note 6 Pro hadir dengan ukuran layar 6.26 inci yang dibalut dengan resolusi layar FHD+ (1080 x 2280p), selain itu layar yang tertanam pada perangkat ini memiliki rasio layar yang lebih panjang yakni 19:9. Sementara Redmi Note 5 yang hadir dengan panel layar berukuran 5.99 inci dengan resolusi layar yang lebih kecil yakni 1080x2160p dan rasio layar 18:9.

Perbedaan lainnya adalah pada lapisan bezel yang ditanamkan, dimana persentase tepi ke layar pada Redmi Note 6 Pro mencapai 81.1%. Hal ini yang membuat tampilan bezel pada Redmi Note 6 Pro terlihat sangat tipis dibandingkan dengan Redmi Note 5 yang memiliki persentase hanya 77.4%. Namun begitu, kedua perangkat ini memiliki kesamaan pada teknologi layar yang ditanamkan dimana perangkat ini masih setia mengusung teknologi layar IPS. Selain itu, kedua perangkat ini juga sama-sama dilapisi oleh lapisan kaca Corning Gorilla Glass.

Beralih ke tampilan antarmukanya, Xiaomi Redmi Note 6 hadir dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan kustom UI khas Xiaomi yakni MIUI 10. UI yang tertanam pada Redmi Note 6 merupakan versi terkini yang membawa perubahan dari sisi tampilan serta fitur yang ditanamkan. Sementara Xiaomi Redmi Note 5 yang juga hadir dengan OS Android 8.0 Oreo juga dibalut dengan UI MIUI namun memiliki versi yang setingkat di bawahnya yakni MIUI 9. Meski begitu, versi MIUI yang hadir pada Redmi Note 5 akan mendapatkan update MIUI 10 kedepannya.

3. Kamera

Fitur ini menjadi perbedaan utama dari kedua perangkat ini. Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan 4 kamera dalam satu perangkat dimana pada bagian depan maupun belakang sudah dibekali dengan kamera ganda yang juga sudah dibekali dengan fitur AI untuk memanjakan pengguna dalam aktivitas fotografi. Pada bagian belakang, konfigurasi kamera yang tertanam pada Redmi Note 6 Pro dan Redmi 5 tidak berbeda. Keduanya sama-sama hadir dengan kamera belakang 12MP + 5MP. Tak hanya itu, besaran aperture kedua perangkat ini juga serupa.

Sementara untuk kamera depannya, ada peningkatan yang sangat signifikan yang tersedia pada Redmi Note 6 Pro dimana kamera depan perangkat ini memiliki konfigurasi 20 MP, f/2.0 + 2MP yang memfokuskan pada efek bokeh. Sementara kamera depan Redmi Note 5 adalah 13MP. Sayangnya, ada penurunan fitur yang tersedia pada kamera depan yang tertanam pada Redmi Note 6 Pro dimana perangkat ini tidak dibekali dengan lampu flash LED. Cukup disayangkan memang, dimana kehadiran lampu flash LED pada kamera depan sangat membantu pengguna dalam aksi selfie pada kondisi minim cahaya.

4. Chipset

Tak jauh berbeda dengan desain, chipset yang ditanamkan kedua perangkat ini tidak memiiliki perbedaan. Baik Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Redmi Note 5 sama-sama dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 636. Tak hanya itu, keduanya juga memiliki opsi RAM yang serupa yakni 3GB, 4GB dan 6GB. Begitu pula dengan pilihan memory internal yang ditanamkan kedua perangkat ini hadir dengan pilihan 32GB, 64GB dan 128GB.

Persamaan lainnya adalah kapasitas baterai yang ditanamkan juga memiliki besaran kapasitas yang serupa yakni 4000 mAh.