pulsa-logo

Apa yang Harus Dilakukan Saat Kehilangan Smartphone?


RENO

Selasa, 02 Oktober 2018 • 20:42

google find my device


Google Find My Device (google)Google Find My Device (google)

Kehilangan smartphone saat bepergian merupakan kombinasi mimpi buruk yang tak ingin dialami oleh siapapun. Meski demikian, jika hal tersebut tejadi, Anda harus siap menghadapinya. Berikut adalah langkah-langkah darurat yang bisa Anda lakukan saat kehilangan smartphone.

1. Datangi kantor layanan pelanggan provider Anda

Jika Anda sedang berada di luar kota dan saat itu juga Anda kehilangan smartphone, segeralah datangi kantor layanan pelanggan provider Anda di kota tersebut. Segera blokir nomor telepon Anda dan jika memungkinkan segera minta kartu SIM pengganti yang baru.

2. Gunakan fitur Find My Device

Jika Anda memiliki perangkat lain semisal laptop dan terhubung dengan koneksi internet, Anda bisa menggunakan fitur Find My Device (untuk Android). Silakan akses layanan tersebut melalui browser dan masukkan alamat https://www.google.com/android/find

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika fitur ini bisa menemukan lokasi perangkat Anda. Anda bisa membunyikan perangkat tersebut dari jarak jauh, bisa mengunci perangkat dan melakukan log out akun Google, hingga bisa menghapus data di smartphone Anda. Syarat yang mutlak harus terpenuhi jika smartphone Anda ingin ditemukan dengan fitur Find My Device ini adalah, smartphone Anda dalam keadaan on dan terkoneksi internet.

3. Backup


Jika Anda memiliki backup di Google drive atau layanan cloud lain, cek terlebih dahulu apakah file-file tersebut masih tersimpan dengan aman. Jika memungkinkan, backuplah data Anda secara offline di perangkat lain semisal laptop.

4. Sekuriti

Jika kehilangan terjadi di hotel atau layanan publik lainnya seperti rumah sakit, kantor, layanan pemerintah, segeralah melaporkan hal tersebut ke pos keamanan terdekat. Kebanyakan kantor memiliki mekanisme penyimpanan dan prosedur pencarian untuk barang-barang yang hilang.

5. Pindahkan saldo e-wallet

Anda perlu laptop atau perangkat lain untuk memindahkan saldo-saldo e-wallet Anda ke tempat yang lebih aman, misalnya rekening bank. Saat ini banyak sekali layanan yang memanfaatkan dompet virtual untuk bertransaksi dan seringkali untuk menyimpan uang melalui aplikasi smartphone. Selalu ingat password dan username Anda agar jika terjadi kehilangan smartphone, Anda bisa langsung menyelamatkan isi dompet virtual. @ariefburhan