pulsa-logo

Xiaomi Mi A1 Meledak Saat Dicas, Apa Penyebabnya?


Nariswari

Rabu, 03 Oktober 2018 • 09:55

xiaomi,mi A1,mi A1 meledak,xiaomi meledak,charger abal-abal,resiko baterai dicas lama


Foto: GizchinaFoto: Gizchina

Xiaomi Mi A1 yang dirilis beberapa tahun lalu telah sukses menjadi smartphone pertama Xiaomi yang menawarkan sistem  operasi Android bawaan.Terlepas dari beberapa masalah kompatibilitas pembaruan, semenjak itu tidak ada keluhan apapun mengenai smartphone ini. Hingga akhirnya Xiaomi merilis dua varian untuk penerus Xiaomi Mi A1 yakni  Xiaomi Mi A2 dan Xiaomi Mi A2 Lite.

Kini, sebuah kabar kurang sedap menerpa Xiaomi. Dikutip PULSA dri Gizchina, seorang anggota senior di forum Mi baru-baru ini melaporkan bahwa temannya yang membeli unit Mi Mi A1 sekitar 8 bulan yang lalu dan semuanya baik-baik saja sampai beberapa hari yang lalu terjadi hal naas. Si pemilik membiarkan ponselnya mengisi daya dan dia pun tertidur, tidak disangka perangkat itu terbakar tetapi untungnya, pemiliknya tidak terluka karena perangkat itu berada dalam casing pelindung dan pada saat dicas tidak dekat dengan pemiliknya.

Belum diketahui persis di mana tragedy naas ini terjadi, dan kapan. Tapi kejadian ini telah dilaporkan ke Xiaomi dengan harapan pihak Xiaomi memberikan kompensasi.

Pertanyaan penting sekarang adalah kemungkinan penyebab ledakan itu. Bisa jadi sebagai akibat dari banyak masalah seperti penggunaan baterai yang abal-abal, adaptor charger yang buruk, pola pengisian daya, tegangan berlebih, dan lain-lain. Bahkan salah-satu komen di laman Gizchina menyebutkan kemungkinan penggunanan protective case juga bisa menyebabkan panas berlebih.

Sekarang, bukan cuma kompensasi saja yang diharapkan, tetapi Xiaomi bisa melakukan penyelidikan , apakah ini terkait dengan perangkatnya atau karena ulah si pengguna. Namun, sebagai antisipasi  ada baiknya jangan mengisi daya smartphone Anda dalam  waktu semalaman suntuk.  Terlepas dari risiko ledakan yang jarang terjadi, namun hal itu bisa menyebabkan dampak kurang baik untuk baterai dalam jangka panjang. (*)

Sumber: Gizchina