pulsa-logo

Ponsel Lipat Lenovo Kemungkinan Muncul Akhir Bulan Ini


Nariswari

Rabu, 03 Oktober 2018 • 10:39

lenovo,ponsel lipat,layar lipat,ponsel lipat pertama di dunia


Youtube screenshotYoutube screenshot

Produsen ponsel pintar terkemuka seperti Samsung dan Huawei saat ini diketahui sedang menggarap smartphone berdesain layar lipat, dan ini tentu adalah persaingan paling nyata antara keduanya karena akan menjadi produsen smartphone yang pertama yang akan  meluncurkan perangkat semacam itu. Namun nanti dulu, ternyata Lenovo juga tengah menyiapkan smartphone lipat juga dan kabarnya akan menjadi yang pertama di dunia.

Konsep dari smartphone lipat besutan Lenovo ini awalnya pernah dipamerkan di  event Lenovo Tech World Conference 2016, namunsejak itu, smartphone lipat tersebut belum juga diperkenalkan ke publik. Nah, kini Lenovo membagikan video teaser berdurasi 10 detik yang diunggah ke YouTube (lihat di bawah) dari versi prototipe ponsel layar lipatnya tersebut  dengan keterangan yang berbunyi, “Kami sangat baik kan. Saatnya untuk pamer. Kami akan bertemu Anda pada bulan Oktober".

Video teaser, yang diposting di akun Weibo resmi Lenovo, menunjukkan sebuah unit ponsel yang memiliki desain layar yang dapat dilipat. Kita dapat melihat bahwa perangkat tersebut memungkinkan untuk input sentuhan ketika dilipat sekitar sudut 80 derajat. Namun, ada beberapa bintik hitam di tepi kanan layar, mungkin karena resiko aus.

Jelas bahwa posting ini menunjukkan bahwa Lenovo telah  siap untuk meluncurkan smartphone yang dapat dilipat akhir bulan Oktober ini. Namun, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi, fitur dan rincian lebih lanjut terkait dengan smartphone lipat Lenovo tersebut.

Jika memang postingan video teaser tersebut masih terkait dengan konsep ponsel cerdas Lenovo dari tahun lalu, maka ponsel ini akan hadir dengan layar AMOLED berukuran 4,35 inci yang secara otomatis dapat mengubah mode ponsel cerdas atau ‘watch mode’ berdasarkan pilihan pengguna. Ponsel ini juga akan mendukung kartu eSIM, memungkinkan penggantian yang mudah ke jaringan yang berbeda.

Sejauh ini belum jelas apakah Lenovo benar-benar berencana untuk meluncurkan perangkat ini pada akhir bulan ini atau hanya menampilkannya sebagai bentuk “pamer” untuk menyaingi Samsung dan Huawei.

Sementara itu, saingan Lenovo yakni Samsung yang juga menggarap smartphone berlayar lipat akan menjadi bagian dari Galaxy F-Series, dan kabarnya smartphone ini tidak akan menampilkan proteksi layar Corning Gorilla Glass.


Kabarnya, peluncuran ponsel lipat Samsung ini telah ditunda paling cepat di November tahun ini tetapi tanggal peluncuran tepatnya masih belum diketahui. Namun ada prediksi bahwa smartphone lipat Samsung ini kemungkinan akan memulai debutnya pada akhir tahun ini atau di CES 2019. Nah, jika memang benar Lenovo akan memperkenalkan smartphone lipatnya di akhir bulan Oktober 2018 ini, maka dugaan kuat  bahwa Lenovo adalah OEM pertama yang meluncurkan smartphone layar lipat di dunia. (*)

Sumber: Weibo via Gizmochina