pulsa-logo

Lebih Mahal, Kenapa Kamera iPhone XS Max Tak Bisa Kalahkan Huawei P20 Pro?


Nariswari

Kamis, 04 Oktober 2018 • 15:05

huawei,iphone,iphone xs max vs p20 pro,hasil kamera iphone xs max,skor DXomark


iPhone XS max, sumber: DXoMarkiPhone XS max, sumber: DXoMark

Sejak diluncurkan ke publik  di gelaran Apple Event di Clifornia  Rabu (12/9/2018) waktu setempat, duo iPhone generasi terbaru Apple  yakni  iPhone XS dan iPhone XS Max digadang-gadang dibekali dengan berbagai fitur dan spesifikasi  premium , terutama iPhone XS max yang dibekali dengan sistem kamera yang diklaim sangat  hebat.

Namun nyatanya sistem kamera di  iPhone  XS Max  tidak sebaik yang ditampilkan oleh Huawei P20 Pro. Setidaknya itulah yang  terungkap dalam pengujian  kualitas kamera DxOMark. Dalam pengujian ini DxOMark  menempatkan beberapa  smartphone terbaru dan terhebat ke dalam bagan pengujian kameranya. Termasuk  di dalamnya adalah iPhone XS Max dan Huawei P20 Pro.

Berdasarkan kalkulasi  skor penilaian kualitas  dan foto keseluruhannya adalah 105. Angka ini memang  tergolong sangat baik, tetapi masih jauh dari perolehan yang dicapai oleh Huawei  P20 Pro yang mencapai  skor  109.

Jadi apa yang membuat iPhone XS Max menjadi smartphone terbaik kedua untuk memotret dan merekam video dalam peringkat DxOMark?

Mula-mula,  skor keseluruhan dihitung dari sub-skor foto dan video, masing-masing 100 dan 96. Di bidang foto, iPhone XS Max sanggup  “menangkap”  gambar-gambar hebat dalam cahaya terang, dengan hasil yang sangat tajam dan sanggup mempertahankan  konsisten gambar. 

Sistem autofokus adalah salah satu yang terbaik yang pernah diuji, sementara mode Portrait di iPhone XS Max menunjukkan isolasi subjek yang sangat baik. Eksposur pada gambar  yang diambil di luar ruang sangat akurat,  tepat, tingkat detail tinggi, dan warna yang natural. Di sisi lain, kinerja zoom menyisakan ruang untuk perbaikan. Ada sedikit  gangguan pencahayaan yang  kasar dan kurang detail. Hal ini yang membedakan dengan hasil jepretan  yang  dihasilkan oleh Huawei P20 Pro dan Samsung Galaxy Note9.

Ada beberapa kekurangan  fatal  dalam gambar yang diambil dengan flash, dan noise luminansi yang cukup terlihat dalam cahaya rendah dan area bayangan gambar kontras tinggi yang diambil dari kamera iPhone XS Max.


Akan tetapi ketika  melakukan perekaman video, iPhone XS Max memiliki fitur perekaman yang baik dengan rentang dinamis yang lebar, warna yang sangat “hidup”, stabilisasi gambar yang sangat baik, serta autofocus yang cepat dan akurat. Dalam cahaya terang Anda mendapatkan tingkat detail yang tinggi, tetapi ada penurunan yang signifikan dalam pengambilan gambar di kondisi  cahaya rendah, di mana sesekali terlihat noise pada rekaman video.  (*)

Sumber: DXoMark via GSMArena