pulsa-logo

Motorola Solutions Dukung Upaya Penanggulangan Bencana di Palu


Fauzi

Kamis, 04 Oktober 2018 • 20:57

Motorola Solutions,Gempa Palu,bencana alam sulawesi dan lombok


Image: Motorola SolutionsImage: Motorola Solutions

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), Motorola Solutions mendukung upaya penyelamatan dan penanganan kondisi darurat pasca bencana alam yang melanda Sulawesi dan Lombok di Indonesia.

Pencarian korban selamat terus dilakukan setelah gempa dan tsunami pekan lalu di Palu, Sulawesi. Lebih dari 1.200 jiwa telah menjadi korban dan hampir satu minggu sudah penduduk di Palu kekurangan makanan dan air bersih. Badan bantuan kemanusiaan Red Cross telah mengirimkan tujuh ton persediaan logistik dan Palang Merah Indonesia (PMI) juga telah menyiagakan sumber daya untuk mendukung upaya penyelamatan di daerah yang terkena bencana.

“Teknisi kami bekerja sama dengan PMI untuk memperluas cakupan repeater di Sulawesi untuk mendukung upaya penanggulangan bencana di Palu. PMI juga akan menggunakan radio yang baru-baru ini kami sumbangkan untuk membantu upaya pemulihan pasca bencana yang terjadi di Lombok,” kata Risdianto Charis, Country Manager Indonesia Motorola Solutions.

Bulan lalu, serangkaian gempa bumi berkekuatan besar, termasuk gempa berskala 6,9 telah melanda Lombok, Indonesia. Sekitar 85.000 rumah berikut sejumlah infrastruktur lokal, termasuk jalur transportasi, rusak akibat gempa sehingga membuat upaya pemulihan pasca bencana semakin sulit.

Motorola Solutions menyumbangkan radio mission-critical dua arah yang bisa membantu tugas responden pertama di lapangan. Radio ini beroperasi dalam “mode langsung”, yang membuat pengguna dapat mengatur komunikasi instan point-to-point antara responden dan badan bantuan yang melaksanakan pekerjaan penting mereka.

Sekretaris Jenderal Dr Ritola Tasmaya, MPH, dari Palang Merah Indonesia, mengatakan jaringan dan perangkat LMR yang sangat andal dan aman dari Motorola Solutions telah berperan penting dalam mendukung penanganan kondisi darurat atau mission-critical agar bisa memberikan respon cepat pasca bencana.

“Di masa krisis, Motorola Solutions mendukung pelanggannya menyediakan komunikasi penting untuk membantu masyarakat kembali bangkit. Melalui badan amal kami, Motorola Solutions Foundation, kami juga menyediakan dukungan sumber daya dan keuangan. Ini termasuk sumbangan untuk mendukung Palang Merah Indonesia dan organisasi bantuan lainnya yang menanggapi bencana alam. Motorola Solutions Foundation juga memberikan donasi sebesar USD 10.000 kepada Red Cross yang telah menyiapkan dana bantuan khusus. Selain itu, ada pula dana tambahan dari donasi karyawan sebanyak USD 10.000,” tutup Charis. (Ozi)


Sumber: PR