pulsa-logo

Update Android Samsung Mungkin Baru Bergulir Januari 2019


Nariswari

Selasa, 09 Oktober 2018 • 17:47

samsung,android pie,update samsung,update android


foto: Phonearenafoto: Phonearena

Bagi pemilik perangkat pintar, update sistem operasi versi terbaru sangat dinanti-nanti. Selain memberikan solusi pada bug yang muncul, menghadirkan fitur dan apilkasi baru yang dihadirkan di versi OS baru, juga menghadirkan security patch ke perangkat pintar.  Sama halnya dengan OS Android Pie  yang dirilis 6 Agustus 2018 lalu, yang sangat ditunggu kehadirannya  oleh banyak pengguna smartphone terbaru di seluruh dunia.  

Meskipun OS Android Pie masih tergolong sangat baru, menurut nomor distribusi resmi OS Google, sejumlah ponsel non-Pixel sudah mulai menerima pembaruan perangkat lunak baru tersebut. Beberapa merek smartphone global sudah “mengantri” untuk mendapatkan update OS Android Pie, seperti misalnya OnePlus, HMD Global, dan Huawei. Dan beberapa vendor smartphone lainnya yang telah diketahui  membuat “janji” untuk menghadirkan update OS Android Pie dalam waktu dekat antara lain Sony, Motorola, dan HTC. Lalu bagaimana dengan Samsung ?

Agak ironis melihat bahwa Samsung belum bergeming untuk berencana menghadirkan  update OS Android Pie ke jajaran smartphone andalannya. Padahal merek Samsung menempati posisi yang sangat kuat di pasar global. Ada apa gerangan?

Sebenarnya tidak mengherankan jika Samsung  belum berencana menghadirkan update OS Android Pie ke flagshipnya.  Mengingat berapa banyak waktu yang dibutuhkan vendor ponsel pintar terbesar di dunia tersebut untuk mulai menggulirkan update sistem operasi. Hal ini terlihat saat Samsung membutuhkan waktu cukup lama untuk menghadirkan update Oreo ke Samsung Galaxy S8.

Hal ini diperkuat dengan konfirmasi yang disampaikan oleh pihak Samsung. Melalui pesan terbaru yang konon dikirim ke Samsung Member di Prancis menyebutkan bahwa  peluncuran update Android Pie paling cepat dilakukan di Januari 2019.

Saat ini, Samsung mengatakan bahwa mereka sedang mengoptimalkan fitur Android Pie standar, dengan mengembangkan banyak tweak dan add-on eksklusif ke perangkat Samsung. Beberapa di antaranya adalah dukungan VoLTE / VoWiFi untuk kartu SIM kedua pada Galaxy Note 8 Duos, perbaikan berbagai bug, dan berbagai fitur baru.

Sayangnya, Samsung masih enggan untuk mengungkapkan ke publik kapan tanggal pasti  update OS Android Pie akan digulirkan ke jajaran smartphone Samsung. (*)


Sumber: Sammobile via Phonearena