Atrk
ads skin gagal

Di Cina, iOS Tenggelam Dilahap Android

ilustrasiilustrasi

Sebuah laporan terbaru dari perusahaan analisis Beijing menghitung bahwa penetrasi pasar perangkat Android di Cina hingga 68,4% di akhir 2011 lalu. Angka ini sangatlah besar bila dibandingkan dengan iOS yang sebatas merebut marketshare sebesar 5,7% saja.


Dari hasil tersebut, bisa dilaporkan bahwa dari 10 orang di Beijing dan Shanghai, hanya 1 orang yang menggunakan perangkat iOS.

Apalagi, awal tahun lalu Apple terkesan gagal dalam pemasaran iPhone 4s, dimana saat peluncurannya di Shanghai dan Beijing terjadi kekacauan yang mengakibatkan pihaknya harus menangguhkan penjualan iPhone terbarunya tersebut.

Tapi ada satu faktor yang sangat signifikan menjadi pembeda capaian pasar Android dan iOS. Sebagian besar sumber menyatakan bahwa harga menjadi faktor penentu, karena Android mampu mengambil keuntungan lewat perangkat berharga murah, yang dipakai sebagai kanal dalam persebarannya. Ini terutama berlaku di Cina, dimana bisa dilihat lewat smartphone Huawei dan ZTE, yang dibanderol dengan harga kompetitif.

Nah, sejalan dengan rumor yang berkembang soal bakal hadirnya iPhone terbaru (iPhone 5?) serta iPad mini, mungkinkan nanti Apple dapat mengembalikan dan memperbesar jumlah pelanggannya di tahun 2012 ini? Kita lihat saja perkembangannya nanti. (Agmal)

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 21 November 2013 23:29
  • font size