pulsa-logo

Samsung Galaxy A9 (2018: Ponsel Pertama dengan 4 Kamera Utama, Apa Hebatnya?


PULSA

Jum'at, 12 Oktober 2018 • 00:48

samsung,galaxy,galaxy A9,galaxy A9 2018,smartphone 4 kamera.quad camera,samsung galaxy A9


Foto: PhonearenaFoto: Phonearena

Ukuran kamera ponsel yang terlalu kecil membuat para pabrkan smartphone berlomba-lomba untuk menampikan jumlah kamera yang lebih banyak. Secara umum bisa disimpulkan bahwa kekuarangan pada kamera ponsel tujuan dari penggunaakn lebih dari satu kamera ini mengadopsi pengalaman yang setara ketika menggunakan kamera profesional.

Meski pada akhir kesimpulannya tetap kamera ponsel tak bisa disetaraan dengan kamera DSLR,  tetapi beberapa trik yang dihasilkan dari kamera ponsel yang jumlahnya lebih dari satu bisa menghasilkan gambar yang khas seperti layaknya hasil gambar kamera profesional.

Misalnya saja penggunaan dual kamera untuk mode portrait, bisa menghasilkan gambar dengan efek bokeh. Objek atau subjek foto terlihat lebih fokus, sementar background-nya menjadi blur. Atau, bisa juga menghasilkan gambar yang lebih lebar (wide angel).

Nah, untuk menghasilkan beberapa trik dalam teknik fotografi pada kamera ponsel, pada akhirnya menarik kesimpulan bahwa lebih banyak kamera akan menghasilkan lebih banyak mode pemotretan.  Seperti halnya triple kamera yang digunakan oleh Huawei pada seri P20 Pro.

Tiga kamera pada Huawei P20 Pro ini terdiri dari sensor 40 megapiksel  light fusion denan bukaan f/1.8, sensor monokrome 20 megapiksel dengan bukaan f/1,6 dan sensor telephoto 8 megapiksel dengan bukaan f/2,4.

Huawei P20 Pro adalah smartphone pertama di pasaran yang menawarkan pengaturan tiga kamera: sensor RGB 'Light Fusion' utama 40-megapiksel yang besar (dengan bukaan f / 1.8), sensor monokrom 20 megapiksel (dengan f / 1.6 aperture) dan sensor telephoto 8-megapiksel (dengan aperture f / 2.4) bekerja bersama untuk melambungkan kemampuan fotografi modul kamera.

Ketiga kamera Huawei P20 Pro ini bisa digunakan pada berbagai scenario yang terdiri dari; 5X Zoom untuk menghasikan gambar yang detail pada jarak dekat, gambar yang lebih terang dan detail yang tugasnya diberikan pada sensor 40MP dengan teknologi Light Fusion,  gambar yang lebih baik dalam kondisi lingkungan minim cahaya .


Semua kinerja kamera pada Huawei P20 Pro ini juga ditopang oleh teknologi AI yang bisa mengenali objek foto sehingga hasil fotonya bisa disesuaikan secara otomatis tanpa harus melakukan penyetelan yang ribet. Kualitas kamera pada Huawei P20 ini juga sudah dibuktikan lewat hasil benchmark yang dilakukan oleh DXoMark dengan skor tertiggi untuk saat ini. Lalu apakah dengan jumlah kamera lebih banyak akan lebih baik?

Ini menarik, karena Samsung baru saja mengeluarkan produk fenomenal dengan 4 kamera utama sekaligus yakni Galaxy A9. Di sini kami tak akan membandingkan hasil foto antara Huawei P20 Pro dengan Samsung Galaxy A9. Karena ini akan membutuhkan pengalaman yang sebenarnya. Jadi yang membuat kami penasaran adalah sejauh mana scenario fotografi yang bisa dihasilkan lewat beberapa fungsi pada keempat kameranya.

gambar: Phonearenagambar: Phonearena

Keempat amera Galaxy A9 Pro terdiri dari;

1.Kamera utama: memiliki sensor yang paling besar dantara tiga sensor lainnya dengan 24 MP, menjanjikan hasil foto yang detail, dan aperture lensa F1.7, yang cukup lebar. Ini juga berarti berarti akan memberikan banyak cahaya dan menampilkan efek bokeh yang alami.

2.Kamera tele :yang ditugaskan pada sensor 10 MP dan aperture lensa F/2.4. Seperti namanya, bisa digunakan untuk optical zoom 2x.

3.Dengan lensa sudut lebar 120 derajat 8 MP.

4.Kamera depth of field 5 MP f/2.2 untuk mode portrait untuk menghasilkan efek bokeh.

Fungsi kamera pada Samsung Galaxy A9 Pro ini juga sudah dipadukan dengan teknologi AI dimana ada 19 mode yang tersedia dengan optimalisasi berbagai adegan seperti: makanan, potret, bunga, kondisi dalam ruangan, hewan, lanskap, dll.

Fitur lain

Samsung Galaxy A9 ini masuk kategori segmen menengah, jadi performanya juga akan sesuai dikelasnya. Perangkat ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 660, RAM 6GB atau 8 GB, dan penyimpanan internal 128 GB. layarnya menggunakan AMOLED sebesar 6,3 inci 1080 x 2220 pixel beraspek rasio 18,5:9. Meski kapasitas penyimpanannya sudah lumayan besar, Samsung Galaxy A9 ini dibekali dengan slot microSD dedicated. Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah adanya teknologi fast charging dan sudah menggunakan slot USB type C.

foto: Samsungfoto: Samsung

Nah, soal harga, Samsung Galaxy A9 ini ternyata tak murah juga. Di Ingris, seperti dkutip Phonearena, harganya mencapai 549 pounsterling atau sekitar Rp11 jutaan. (*)

 

    2018-12-14 08:33:06


    Ponsel 5G di 2019?