pulsa-logo

EWINDO Luncurkan Fitur baru SIPINDO, Dukung Kemajuan Sektor Pertanian Indonesia


Deni Hardian

Jum'at, 12 Oktober 2018 • 13:23


Peresmian Fitur Baru SIPINDOPeresmian Fitur Baru SIPINDO

Perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (EWINDO) berkolaborasi dengan konsorsium G4AW Smartseeds hari ini meluncurkan fitur baru pada aplikasi SIPINDO (Sistem Informasi Pertanian Indonesia) untuk mendukung kemajuan sistem pertanian Indonesia.  Aplikasi yang sudah hadir sejak tahun 2017 ini menghadirkan fitur baru berupa prediksi cuaca dengan resolusi spasial hingga 5 kilometer, rekomendasi kandungan hara tanah berdasarkan hasil tes laboratorium dan rekomendasi pemupukan. Informasi yang diberikan berbasis lokasi (location specific data) sesuai dimana lahan petani berada.

"Hari ini kami meluncurkan beberapa fitur baru dalam aplikasi SIPINDO Powered by SMARTseeds. Fitur ini diharapakan mampu membantu petani memprediksi cuaca secara lebih detail, memberikan informasi rekomendasi pemupukan sebagai dasar pemupukan  dan juga panduan memilih jenis tanaman yang sesuai degan kondisi tanah. Peluncuran ini sekaligus menjadi wujud semboyan kami yakni menjadi sahabat yang paling baik untuk petani," ungkap Glenn Pardede, Managing Director EWINDO.

Fitur SIPINDOFitur SIPINDO

Fitur SIPINDOFitur SIPINDO

Fitur SIPINDOFitur SIPINDO

Aplikasi berbasis sistem operasi Android ini merupakan salah satu upaya EWINDO memanfaatkan teknologi guna memenuhi kebutuhan petani sayuran berdasarkan pengalaman lebih dari 25 tahun pada pengembangan bisnis benih hortikultura di Indonesia. Sejak diluncurkan pada April 2017 yang lalu, aplikasi ini telah dimanfaatkan lebih dari 14.000 petani, dan diharapkan pada akhir tahun 2019 dapat membantu sekitara 100.000 petani.

3 fitur baru yang hadir di aplikasi SIPINDO ini mampu memberikan jawaban untuk petani dalam menyelesaikan masalah yang sering dihadapi. Lebih lanjut Glenn mengatakan, fitur-fitur baru yang disajikan SIPINDO menghadirkan data secara realtime dan akurat. Dengan demikian, petani bisa langsung mengakses informasi yang dibutuhkan seeprti mengetahui tingkat kesuburan tanah agar lebih hemat dalam menggunakan pupuk, serta mendapat informasi mengenai cuaca hingga harga dan tren permintaan komoditas di pasaran.


Selain itu, lewat aplikasi SIPINDO petani bisa memperoleh informasi seputar tata cara penanganan hama dan penyakit tanaman, pola dan musim tanam, estimasi waktu panen serta perkiraan jumlah produksi, prakiraan iklim dan cuaca hingga forum jual beli hasil panen dari pedagang pasar tradisional serta ritel modern untuk mengantisipasi permainan harga oleh para tengkulak.

Menariknya, tak hanya memberikan keuntungan untuk para petani aplikasi SIPINDO bisa dimanfaatkan oleh penyuluh pertanian dan pedagang. Keuntungan bagi mitra penyuluh adalah mendapatkan informasi yang dibutuhkan petani sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam menganalisa suatu maslah yang dihadapi, kemudian segera memberikan solusi serta penyuluhan dengan cepat dan tepat kepada masing-masing petani. Sementara untuk para pedagang, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk mencari dan membeli produk-produk pertanian sesuai kebutuhan mereka dari petani langsung.

"Aplikasi SIPINDO Powered by SMARTseeds yang semakin lengkap dengan fitur-fitur barunya diharapkan mampu mendorong petani dan pelaku industri agribisnis hortikultura untuk meningkatkan produktivitasnya serta meningkatkan kontribusi sub sektor hortikultura untuk PDB dan devisa negara," tutup Glenn. (Dn)