pulsa-logo

MediaTek Helio P70 Segera Dirilis, Siap Tandingi Snapdragon 710


Nariswari

Kamis, 18 Oktober 2018 • 09:51

mediatek,helio,helio P70,qualcomm,snapdraon,snapdragon 710,mediatek vs snapdragon


GizchinaGizchina

Meskipun hingga saat ini  Qualcomm masih mendominasi pasar processor mobile dengan jajaran CPU Snapdragon besutan mereka, salah satu  pesaing Qualcomm yakni MediaTek tidak pernah menyerah untuk tetap berfokus di bisnis ini. Pada awal tahun ini, MediaTek memperkenalkan processor andalan mereka yakni MediaTek Helio P60, yang tercipta sebagai  CPU mid-range yang hadir dengan performa yang  sangat baik dan hingga kini dijalankan di lebih 15 merek smartphone. Namun pencapaian ini belum memuaskan bagi MediaTek.

MediaTek berencana untuk meluncurkan generasi penerus P60 yang jauh lebih “powerful”.  Penerus Helio P60 akan disebut dengan  Helio P70, SoC yang sebenarnya sangat mirip dengan Helio P60  yang dibangun pada proses 12nm yang mengemas delapan inti, khususnya empat A73 dan empat A53, sementara detail lainnya seperti frekuensi atau info GPU masih belum terungkap.

Sama seperti Helio P60,  Helio P70 akan mendukung teknologi berbasis AI, dan MediaTek menghadirkan banyak perbaikan di dalamnya. Adapun Helio P60  memang didasarkan pada unit pemrosesan AI (APU), sedangkan Helio P70 akan menggunakan Neural Processing Unit (NPU), yang diklaim akan  membawa performa dan hasil yang jauh  lebih baik.

Sejauh ini belum diketahui apakah Helio P70 akan memiliki perubahan dalam arsitekturnya atau akan memadankan lebih banyak inti di dalamnya. Satu hal yang menarik  adalah bahwa CPU besutan pabrikan chipset berbasis di Taiwan tersebut  diperkirakan akan bersaing ketat dengan processor kelas menengah andalan Qualcomm yakni  Snapdragon 710.  

Kabar terbaru menyebutkan bahwa MediaTek Helio P70 siap diperkenalkan ke publik pada akhir  bulan Oktober 2018. (*)

Sumber: Gizchina