pulsa-logo

Hands-on: 'Si Pendatang Baru' Realme 2 Pro


Fauzi

Kamis, 18 Oktober 2018 • 21:47

Realme 2 Pro,Review Realme 2 Pro,Harga Realme 2 Pro,Realme


Realme 2 ProRealme 2 Pro

Bila sebelumnya kami sudah membahas soal Realme 2, baik dalam bentuk unboxing hingga review-nya. Pada kesempatan kali ini, giliran Realme 2 Pro yang akan PULSA ulas. Di Indonesia, Realme 2 Pro ditawarkan dengan tiga versi berbeda, yakni versi RAM 4GB+64GB (Rp2.899.000), RAM 6GB+64GB (Rp 3.299.000), dan RAM 8GB+128GB  (Rp 3.699.000).

Cukup menarik, bukan? Jadi, bagi Anda yang penasaran dengan smartphone ini, langsung saja simak uraian berikut.

Desain

Seperti smartphone kekinian pada umumnya, Realme 2 Pro datang menyuguhkan layar penuh dengan notch di atasnya. Cukup menarik karena notch yang ada Realme 2 Pro tidak disajikan seperti halnya Realme 2. Bisa dibilang Realme 2 Pro mengadopsi bentuk notch seperti tetesan air.

Secara umum, tampilan bodi Realme 2 Pro tergolong cukup elegan dan enak dilihat. Smartphone ini diracik dengan panel belakang berbahan polycarbonate dewdrop back cover dengan sapuan warna menarik dan kinclong.

Realme 2 ProRealme 2 Pro

Realme 2 ProRealme 2 Pro


Bodi Realme 2 Pro memiliki dimensia 156.7 × 74.0 × 8.5mm dengan berat 174 gram. Dengan layarnya yang berukuran 6.3 inci, dimensi Realme 2 Pro masih tergolong ramping dan kompak, sehingga masih relatif enak untuk digenggam.

Display

Dibanding dengan Realme 2, tentu seri Pro datang dengan beberapa peningkatan. Tidak terkecuali di sektor display. Selain mengadopsi notch yang terlihat seperti tetesan embun, layar 6.3 inci yang digunakan Realme 2 Pro juga memiliki resolusi lebih tinggi, di mana sudah Full HD. Sementara layar luas yang diadopsi membuat rasio layar ke bodi Realme 2 Pro mencapai 90,8%.

Dengan sajian layar penuh berukuran luas, pengalaman yang diberikan Realme 2 Pro seperti untuk menonton video, main game, dan aktivitas lainnya tidak dipungkiri telah membawa kesan tersendiri. Terlebih, konten yang tersaji di layar terbilang apik dengan tingkat kecerahan dan ketajamannya yang sudah sangat memadai.

Dari sisi responsivitasnya, layar Realme 2 Pro juga tidak ada masalah, di mana smartphone sudah mendukung akses multi-touch hingga 10 titik secara bersamaan. Jenis layar Realme 2 Pro adalah IPS LCD yang kelebihannya sudah sering kami bahas. Untuk melindungi dari goresan layar smartpohne juga telah dilapisi pelindung Gorilla Glass.

OS dan Antarmuka

Untuk sistem operasinya,Realme 2 Pro menjalankan Android 8.1 Oreo yang telah dipermanis dengan ColorOS 5.2. Dengan ColorOS 5.2 pengoperasian smartphone menjadi lebih mudah dan simpel. Hal itu lantaran semua ikon menu sudah tersaji di homescreen.

Tidak hanya itu, dari sisi fitur, smartphone juga relatif melimpah. Beberapa fitur bermanfaat yang dibawa di antaranya Easy screenshot, Clone phone, Clone apps, Smart play, Optimized screen recording, Custom timer, Super cleaning, Game Space, dan sebagainya.

Sementara dari sisi keamanan di smartphone juga telah tertanam, fitur antara lain ColorOS safety patch update, Privacy Password, Facial Unlock, dan SmartLock.

Fasilitas lain yang juga bermanfaat bagi pengguna seperti Smart Driving, AI Board, dan Google Assistant juga telah disertakan di Realme 2 Pro.

Kamera

Untuk urusan yang berkaitan dengan fotografi, Realme 2 Pro nampaknya sudah sejalan dengan tren yang berkembang. Yup, smartphone ini telah mengadopsi fitur dual-camera belakang 16 MP  + 2 MP depth sensor yang disertai dengan LED Flash dan fitur PDAF. Berbekal fitur dual-camera, praktis smartphone sudah mendukung pengambilan gambar dengan efek bokeh.

Adapun di bagian depan, tidak ketinggalan tepat di area notch-nya terdapat sensor kamera selfie beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0. Alih-alih menggunakan LED flash, untuk memaksimalkan hasil foto selfie pada cahaya minim, Realme 2 Pro dibekali fitur screen flash yang menggunakan cahaya layar sebagai media untuk meningkatkan pencahayaan.

Selain dibekali sensor kamera sebagaimana telah disebut, untuk jeprat jepret momen Realme 2 Pro juga dibekali fitur AI Beauty 2.0, beauty upgrade, dan smart group photographing recognition yang mampu membedakan pria dan wanita melalui kamera. Dengan 296 titik identifikasi, fitur ini dapat menghasilkan kecantikan (beautification) yang lebih dipersonalisasi.

Dapur Pacu

Realme 2 Pro ditawarkan dengan tiga varian berbeda bila dilihat dari besaran RAM dan memori internalnya, yakni RAM 4GB+64GB, RAM 6GB+64GB, dan RAM 8GB+128GB. Kendati demikian, ketiga varian tadi tetap mengusung prosesor yang sama, yakni Qualcomm Snapdragon 660 AIE. Di atas kertas, spesifikasi yang ditawarkan Realme 2 Pro sudah di atas dari Realme 2.

Sedikit bocoran mengenai kinerjanya, berdasarkan hasil tes yang PULSA lakukan dengan software AnTuTu, smartphone ini memiliki skor cukup baik, yakni di angka 131 ribuan. Adapun unit Realme 2 Pro yang PULSA uji adalah varian RAM 8GB dengan memori internal 128GB. Hasil benchmark kemungkinan berbeda pada setiap versi yang diuji.

Skor Benchmar Realme 2 ProSkor Benchmar Realme 2 Pro

Tidak ketinggalan, di sektor penyuplai daya, Realme 2 Pro dibekali baterai 3500mAh. Menariknya, smartphone ini juga telah menanamkan fitur AI sleeping mode yang dapat mengatur strategi penghematan daya dengan mengurangi konsumsi daya yang tidak penting, tanpa mengurangi fungsi smartphone. (Ozi)