pulsa-logo

Fitur Digital Wellbeing Resmi Hadir Disemua Android One, Untuk Apa?


Nariswari

Jum'at, 19 Oktober 2018 • 08:52

digital wellbeing,fitur baru android,android one


GizchinaGizchina

Digital Wellbeing adalah salah satu fitur baru yang diperkenalkan oleh Google selama event koferensi  Google I / O beberapa waktu yang lalu. Fitur spesifik besutan Google tersebut khusus di-set untuk debut bersama OS Android v9.0 Pie. Aplikasi baru  ini pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk memahami bagaimana mereka menggunakan ponsel.

Ini akan berisi banyak informasi mengenai kebiasaan Anda, seperti waktu aktif layar, berapa Anda membuka kunci perangkat, aplikasi mana yang lebih sering Anda setiap hari, atau berapa banyak notifikasi yang Anda dapatkan dalam tiap harinya. Fitur Digital Wellbeing juga membantu pengguna untuk mengontrol dan memantau penggunaan smartphone, yang tentu saja akan sangat membantu mengontrol bagi “pecandu” smartphone, dengan membatasi seberapa sering Anda menggunakan fitur tertentu di smartphone.

Selama peluncuran versi terbaru OS Androidv9.0 Pie, Digital Wellbeing didefinisikan sebagai fitur eksklusif untuk Google Pixel, namun saat itu Google berjanji bahwa beberapa perangkat Android One akan mendapatkan fitur tersebut.

Kini, Google  memenuhi janji tersebut ke semua smartphone Andoid One. Google memutuskan untuk meluncurkan pembaruan aplikasi Digital Wellbeing di Google PlayStore termasuk menghadirkan dukungan untuk semua perangkat Android One.

Perlu dicatat bahwa persyaratan utama dari komaptibilitas fitur Digital Wellbeing ini perangkat  yang menjalankan OS Android v9.0 Pie. Dan karena persyaratan ini hanya mencakup beberapa perangkat Android One yang saat ini menjalankan Pie, kemungkinan ini agak  mengecewakan untuk saat ini.

Daftar perangkat Android One yang sekarang kompatibel dengan fitur Digital Wellbeing masih sedikit , antara lain  Nokia 7 Plus dan Nokia 6.1 Plus.  Karena perangkat Android One lainnya belum menerima pembaruan OS Android v9.0 Pie, sepertinya untuk sementara waktu ini fitur Digital Wellbeing sepertinya akan tetap terbatas pada beberapa smartphone. (*)

Sumber: Gizchina