pulsa-logo

6 Fitur Penting Handphone untuk Para Milenial


Hairuddin

Sabtu, 20 Oktober 2018 • 08:29

Fitur Smartphone, Aplikasi Penting, Aplikasi Smartphone, GPS, Kamera, NFC, Traveloka, Aplikasi Travel Agent,


Aplikasi Online Traveling (Foto: Istimewa)Aplikasi Online Traveling (Foto: Istimewa)

Saat ini, handphone yang berseliweran di pasaran sudah banyak dilengkapi dengan beragam teknologi serta fitur canggih. Hanya saja, dari sekian banyak fitur-fitur tersebut belum tentu semuanya digunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna.

Bagi para milenial khususnya, ternyata banyak loh fitur penting di handphone yang dapat diberdayakan untuk menyelesaikan tugas maupun aktivitas sehari-hari. Pengen tau fitur apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. GPS

Berdasarkan Wikipedia, GPS atau Global Positioning System diartikan sebagai sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu.

Teknologi ini sudah menjadi kewajiban yang harus ada di setiap ponsel. Banyak fungsi handphone yang terhubung dengan GPS. Sebut saja peta digital (Maps) yang bisa dimanfaatkan sebagai petunjuk arah saat traveling. Dan yang paling kekinian, GPS ini dimanfaatkan untuk memesan transportasi online (Gojek, Grab) via aplikasi.

2. Near Field Communication (NFC)

NFC bisa dibilang sebagai model konektivitas terbaru setelah Bluetooth yang mulai dikembangkan sejak tahun 2000-an. Secara teknis, NFC menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara mendekatkan/menempelkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja.


Saat ini, fungsi NFC di smartphone memang masih belum begitu luas. Standarnya, NFC bisa dimanfaatkan untuk menjadikan handphone sebagai alat pembayaran, permainan multiplayer, atau berbagi musik, foto dan dokumen. Untuk para milenial yang berkendara melalui jalan tol, NFC di ponsel bisa dimanfaatkan untuk isi saldo (topup) kartu uang elektronik (e-tool).

3. Kamera yang tajam

Milenial sangat senang mengambil foto. Meskipun tidak semua milenial adalah fotografer profesional, namun kamera jadi penentu sebelum membeli handphone. Bukan hanya seberapa besar megapiksel yang ditawarkan, namun sensor yang digunakan. Saat ini banyak merk handphone yang menawarkan kamera dengan resolusi yang besar, namun dengan hasil yang kurang memuaskan.

4. Koneksi internet cepat

Akses internet yang cepat, stabil dan lancar rasanya sudah menjadi kebutuhan semua orang. Baik itu untuk browsing, streaming video, chatting, ataupun untuk membantu pekerjaan. Selain itu, internet juga memudahkan milenial melakukan transaksi pembayaran berbagai tagihan. Bahkan, untuk beli pulsa dan listrik pun kini bisa dilakukan langsung dari ponsel. Ketiadaan koneksi internet, tentu saja akan membuat para milenial mati gaya dan bisa jadi kudet (kurang update).

5. Anti air dan debu

Tingkat mobilitas para milenial saat ini tercatat sangat tinggi. Aktifitas yang dilakukan juga tidak jarang harus menantang kondisi alam. Panas, debu, polusi, dan hujan pun dihadapi setiap hari oleh milenial. Tentunya dibutuhkan handphone yang juga tahan untuk diajak aktif bersama. Kehadiran fitur anti air dan debu bahkan tahan banting di sebuah handphone sepertinya sudah mulai dipertimbangkan. Jika tidak disokong fitur-fitur tersebut, maka milenial berpotensi keluar uang lebih banyak untuk biaya perbaikan handphone-nya.

6. Aplikasi Online Travel Agency

Kesibukan rutinitas pekerjaan milenial memang sangat luar biasa karena bergama pekerjaan baru yang menantang setiap hari kerap menghadang mereka. Namun lelah tersebut terbayar lunas tatkala milenials membuka layanan jasa website online travel agency seperti Traveloka untuk pergi berlibur. Tak jarang dari mereka kerap menyisihkan sebagian besar penghasilan mereka untuk memesan tiket online pesawat yang mengantar mereka ke pengalaman liburan yang tak terlupakan di berbagai destinasi impian.

Demikian 6 fitur penting yang wajib ada di sebuah handphone untuk membantu para milenial tetap eksis dan aktif menjalani semua aktifitasnya. Penasaran apakah handphone Anda sudah dilengkapi poin-poin penting tersebut? Langsung saja cek handphone masing-masing.