pulsa-logo

Samsung Patenkan Pemindai Sidik Jari di Seluruh Layar, untuk Galaxy S10 'Kah?


Nariswari

Senin, 22 Oktober 2018 • 14:04

Samsung,Samsung Galaxy S10


Image: Lets Go DigitalImage: Lets Go Digital

Samsung diketahui telah mengajukan permohonan paten yang terkait dengan pemindai sidik jari optik di layar. Ini menunjukkan bahwa teknologi tersebut kemungkinan besar akan dihadirkan di Samsung Galaxy S10.

Tidak berhenti di situ, sebuah bocoran terbaru menyebutkan bahwa Samsung sudah mengajukan paten terbaru di mana telah diterbitkan pada hari yang sama. Paten ini masih berkaitan dengan teknologi pemindai sidik jari di layar.

Paten pertama menunjukkan implementasi pembaca sidik jari di layar yang serupa dengan apa yang kita lihat di smartphone lain, di mana hanya sebagian dari layar yang dapat digunakan sebagai pemindai sidik jari.

Namun, paten kedua menjelaskan pemindai sidik jari yang setingkat lebih canggih di mana menggunakan bidang layar  penuh dan memanfaatkan kinerja prosesor independen hemat daya. Prosesor meningkatkan kecerahan layar segera setelah kontak jari terdeteksi dan memindai jari tiga kali untuk memastikan kualitas pemindaian dan akurasi pembacaan sidik jari.

Dalam paten disebutkan bahwa sensor pemindai sidik jari Samsung terbaru akan lebih akurat, lebih mudah digunakan, dan lebih cepat dalam membaca dan memindai sidik jari pengguna, jika dibandingkan dengan teknologi pemindaian sidik jari saat ini. Selain itu, fleksibilitasnya memungkinkan teknologi pemindaian sidik jari ini  dihadirkan ke perangkat lipat.

Dari sudut pandang desain, paten tersebut menunjukkan dua format. Yang pertama menggambarkan penggunaan teknologi pemindaian sidik jari ini di smartphone konvensional dengan bingkai (bezel) yang tebal yang menyerupai perangkat Samsung yang dirilis tahun lalu. Yang kedua, menggambarkan bahwa teknologi ini akan diterapkan juga ke perangkat dengan desain layar berponi yang terlihat sangat mirip dengan desain Essential Phone dan Huawei Mate 20. (Naris/Ozi)

Sumber: 1, 2