pulsa-logo

Gara-Gara Pencurian Uang, Apple Dituntut Konsumennya di Cina


Nariswari

Senin, 22 Oktober 2018 • 14:37

Apple,AppleID


Ilustrasi: Logo Apple, Foto: PULSAIlustrasi: Logo Apple, Foto: PULSA

Asosiasi konsumen di Cina (China Consumer Association) menyerukan kepada Apple untuk membayar sejumlah kompensasi ke konsumennya di negara itu yang kehilangan uang karena pencurian di AppleID.

Awal bulan ini, Apple mengatakan bahwa melalui penyelidikan internal yang mereka lakukan, pihaknya  menemukan bahwa memang ada sejumlah kecil akun pelanggannya yang telah diretas dengan penggunaan penipuan/phishing. Pelanggan-pelanggan Apple ini tidak mengaktifkan dua faktor otentikasi di perangkat Apple mereka.

Apple mengatakan bahwa masalah ini bukan tidak mungkin berkaitan dengan peningkatan jumlah penggantian garansi iPhone palsu. Hal ini, nyatanya telah banyak merugikan miliaran dolar Apple, dengan tentunya membawa berbagai konsekwensi kurang menyenangkan di balik garansi palsu tersebut. Termasuk mengganti suku cadang asli dengan kualitas abal-abal, dan sebagainya.

Menanggapi berbagai tuntutan konsumenny, Apple mengunggah tulis di laman resminya sebagai berikut,

"Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan kami oleh penipuan/phishing yang telah terjadi di beberapa pengguna Apple. Kami hingga kini secara proaktif mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan dan menjangkau pelanggan kami yang terpengaruh dengan masalah tersebut. Kami sangat menyarankan semua pengguna untuk mengaktifkan dia faktor otentikasi di perangkat Apple yang digunakan, yang dapat mencegah akses tidak sah ke akun milik pengguna." - Apple

Menanggapi pernyataan dan tuntutan yang disampaikan oleh China Consumer Association  di situs China Consumer Association (CCA), Apple mengatakan bahwa mereka hingga sekarang pro-aktif mencoba untuk menghubungi semua pelanggan Apple yang terpengaruh dengan masalah ini. Apple menambahkan bahwa mereka berbicara dengan banyak konsumen Apple dan lembaga konsumen yang relevan, untuk mendapatkan umpan balik yang bermanfaat untuk perbaikan dan pengembangan kualitas produk Apple di masa depan. (Naris/Ozi)

(Sumber)