pulsa-logo

Kenal Lebih Dekat dengan Mode Profesional di Vivo V11 Pro


Fauzi

Selasa, 23 Oktober 2018 • 21:39

Vivo V11 Prp,Vivo


Image: VivoImage: Vivo

Vivo V11 Pro salah satu varian smartphone V11-Series terbaru yang dimiliki Vivo Indonesia, menawarkan fitur kamera mumpuni.

Di sisi depan, Vivo V11 Pro memiliki kamera selfie AI 25MP dengan aperture f/2.0, sementara di bagian belakang terpasang kamera ganda dengan resolusi 12MP dengan Dual Pixel Sensor, dan 5MP dengan aperture f/2.0 dan f/2.4 yang sanggup untuk mendukung hobi fotografi ala profesional.

Untuk memotret, Vivo V11 Pro menyediakan fitur Take Photo yang bisa diatur dari menu Settings. Format ukuran foto dapat diatur mulai dari 4:3, 19:9, 16:9, dan 1:1. Pengguna juga dapat mengaktifkan AI Portrait Framing, AI Scene Identification, Framing Lines, atau menambahkan watermark pada hasil selfie atau foto dari kamera belakangnya. Selain itu, pengguna Vivo V11 Pro dapat memilih mode scene Professional  yang dapat dimanfaatkan untuk memotret layaknya fotografer. Di dalam scene ini tersedia fasilitas untuk mengatur EV, ISO, WB, Speed, dan AF/MF secara manual, mirip yang ada di kamera DSLR.

EV

EV atau singkatan dari Exposure Value menunjukkan seberapa banyak cahaya yang diterima oleh sensor kamera. Pengaturan EV tergantung pada aperture dan kecepatan shutter. Semakin tinggi nilai EV maka gambar terlihat semakin terang, sebaliknya nilai EV rendah membuat foto terlihat lebih gelap. Pengaturan EV dapat dimanfaatkan untuk mengambil gambar Indoor dengan pencahayaan temaram, atau fotografi mobile diluar ruangan dengan pencahayaan yang terlalu terik. Nilai EV yang tersedia di Vivo V11 Pro mulai dari -2, -1.7, -1.3, -1, -0.7, -0.3, 0, +0.3, +0.7, 1, +1.3, +1.7, +2.

ISO

ISO adalah kecepatan film yang menunjukkan sensitivitas sensor gambar terhadap cahaya. Kecepatan film yang rendah akan menghasilkan foto yang lebih mendetail namun memerlukan waktu exposure lebih panjang. Sebaliknya, kecepatan film yang tinggi memerlukan waktu exposure lebih singkat namun hasil foto kurang mulus atau terdapat bintik-bintik (noise). Pengguna Vivo V11 Pro dapat memilih Auto sehingga kamera akan memilihkan ISO yang tepat secara otomatis. Namun ISO juga dapat diatur secara manual mulai dari 50, 100, 200, 400, 800, 1600, dan 3200. Apabila saat  pengguna ingin memotret obyek di area gelap tanpa menggunakan lampu flash, maka dapat memilih ISO tinggi 1600 atau 3200.  


S

Shutter speed merupakan salah satu elemen fotografi yang berada dalam "Exposure Triangle" selain ISO dan Aperture. Shutter speed atau kecepatan rana mengacu pada seberapa lama shutter terbuka atau lamanya sensor "melihat" subjek yang akan diambil gambarnya. Kecepatan shutter tinggi cocok untuk memotret objek bergerak atau yang berada dalam lokasi sangat terang. Semakin besar nilai penyebut atau pembagi, maka akan bertambah kecepatannya misalnya kecepatan rana 1/1000 akan jauh lebih cepat dibandingkan 1/30. Sementara itu, kecepatan rana rendah berguna untuk memotret objek yang berada dalam pencahayaan minim.

Untuk menghasilkan foto yang tajam, pengguna Vivo V11 Pro sebaiknya memilih shutter speed yang aman, 1/60 atau lebih cepat, sehingga foto yang dihasilkan akan tajam dan aman dari hasil foto yang berbayang (blur/ tidak fokus). Apabila kecepatan shutter lebih rendah dari 1/15 detik, maka sebaiknya pengguna Vivo V11 Pro menggunakan tripod saat memotret. Kecepatan rana di Vivo V11 Pro tersedia mulai dari Auto, 1/2000, 1/3333, 1/1000, 1/200, 1/20, 1/5, 2, 8, 14, 20, 26, hingga 32.  

WB

Pengguna Vivo V11 Pro dapat memilih white balance (WB) yang tepat sesuai dengan kondisi pencahayaan. White balance adalah fitur yang memastikan, bahwa warna putih direproduksi secara akurat, apa pun jenis kondisi pencahayaan saat foto itu diambil. Pada tingkat yang paling dasar, pengguuna Vivo V11 Pro bisa memilih Auto White Balance. Selain itu terdapat deretan mode lain seperti Tungsten light (Cahaya neon), White Fluorescent Light (Cahaya pijar putih), Daylight (Siang hari), Cloudy (Mendung), Twilight (Senja), dan Sunset (Larut senja).

Histogram

Vivo V11 Pro juga menyediakan fitur ini untuk merefleksikan distribusi tingkat kecerahan pada foto. Histogram ini akan muncul di bagian pojok kiri atas, yang menunjukkan sumbu horisontal untuk merepresentasikan tingkat kecerahan foto dan sumbu vertikal untuk mewakili jumlah pixel yang ada di area tersebut.

Framing Lines

Framing lines atau Grid line merupakan garis bantu vertikal dan horisontal untuk mempermudah pengguna Vivo V11 Pro memperoleh komposisi foto sesuai Rule of Thirds. Framing lines membagi 9 kotak dalam layar kamera smartphone.

AF dan MF

Auto Focus (AF). Secara cepat mendeteksi posisi objek di scene untuk membuatnya jelas saat terekam sensor kamera Vivo V11 Pro.  Pada Manual Focus (MF), pengguna Vivo V11 Pro dapat mengatur fokus pada bagian tertentu  dari objek bidik yang ingin ditonjolkan. Mode ini berguna untuk menghasilkan foto close-up seperti memotret makanan dan tanaman; fotografi malam hari, atau ketika memotret di balik kaca.

Focus and Metering Separation

Kelebihan kamera pada smartphone modern seperti Vivo V11 Pro, telah dilengkapi mekanisme metering seperti pada DSLR, dengan menggunakan konsep kerja Gray 18% sebagai tolak ukur untuk kecerahan normal. Ketika kamera V11 diarahkan pada objek gelap kemudian dipindahkan ke objek cerah, maka akan terlihat perbedaan kecerahan gambar dari kedua objek tersebut. Titik fokus pada kamera Vivo V11 Pro berupa kotak kecil yang bisa dipindahkan posisinya dengan sentuhan jari yang muncul dengan cara menekan area tertentu pada layar.

Aktivitas mobile photography rupanya dapat dilakukan mudah dengan Vivo V11 series karena dukungan kamera AI depan dan belakang yang mumpuni untuk menghasilkan foto-foto berkualitas. Vivo V11 Pro yang dibanderol seharga Rp4.999.000, bisa didapatkan pada Vivo Store Indonesia serta e-commerce partner vivo, mitra ritel, dan gerai-gerai IM3 Ooredoo tertentu di seluruh Indonesia. Setiap pembeli Vivo V11 Pro dan V11 akan mendapatkan hadiah berupa bakpack + paket bundling IM3 Ooredoo Simcard 30GB untuk akses Unlimited Streaming, YouTube, dan Social Media. (Ozi)

(Sumber)