pulsa-logo

Xiaomi Bakal Jadi yang Pertama Mencicipi Snapdragon 675


Nariswari

Rabu, 24 Oktober 2018 • 10:33

xiaomi,snapdragon,snapdragon 675,qualcomm


GizmochinaGizmochina

Kemarin (23/10), Qualcomm secara resmi mengumumkan kelahiran chipset mobile generasi terbaru  yakni Qualcomm Snapdragon 675. Processor octa-core ini ditujukan untuk smartphone mid-range, dengan fokus pada kinerja gaming, pencitraan dan teknologi kecerdasan buatan (AI). Lahirnya chipset Snapdragon 675 adalah penerus dari Qualcomm Snapdragon 670 yang diluncurkan pada bulan Agustus tahun ini.

Segera setelah peluncuran Snapdragon 675, beberapa produsen smartphone China termasuk Xiaomi mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan smartphone mid-range generasi terbarunya yang bakal  didukung oleh prosesor Snapdragon 675 besutan Qualcomm, yang diproduksi menggunakan proses 11nm tersebut.

Manu Kumar Jain  (Wakil Presiden Global Xiaomi dan Direktur Pelaksana Xiaomi India), seperti dikutip dari Gizmochina, menyatakan tentang rencana Xiaomi untuk menggarap smartphone kelas menengah generasi mendatang yang akan diotaki oleh Snapdragon 675. Beliau menyampaikan pernyataan tersebut selama menghadiri event KTT 4G / 5G Qualcomm di Hong Kong.

Xioami akan menjadi menjadi perusahaan pertama yang mengumumkan perangkat yang didukung oleh chipset Snapdragon 675 dan kemungkinan akan menjadi produsen pertama yang akan  meluncurkan smartphone dengan processor Snapdragon 675.

Adapun platform mobile  Snapdragon 675  yang baru diumumkan Qualcomm adalah prosesor octa-core yang mencakup dua core Cortex A76 dengan clock speed 2.0GHz dan enam core hemat daya Cortex A55 dengan  clock speed 1.78GHz.

Chipset ini menghadirkan beberapa fitur canggih yang akan dihadirkan pada ponsel mid-range yang biasanya hanya ditemukan pada perangkat kelas atas atau ponsel unggulan. Chipset ini dilengkapi dengan dukungan kelola grafis  GPU Adreno 61X yang membawa dukungan untuk OpenGL ES 3.2, Open CL 2.0, Vulkan, dan DirectX 12.

Ini juga mendukung fitur kamera triple pada bagian kamera depan atau belakang dengan fitur seperti mode potret dan fitur face recognition 3D. Processor ini  juga membawa dukungan untuk video slow-motion tanpa batas kualitas HD. Lebih lanjut, dukungan chipset ini termasuk modem X12 LTE dengan kecepatan download 600Mbps dan 3x percepatan operator, Wi-Fi 802.11ac 2 × 2 dengan MU-MIMIO, tri-band dan Bluetooth 5.0.


Snapdragon 675 juga memiliki dukungan untuk fitur khusus game, serupa dengan optimasi GPU Turbo yang dikembangkan oleh Huawei. Menurut Qualcomm, dibandingkan dengan Snapdragon 670 SoC, Snapdragon 675 akan menawarkan pengalaman launch game 30% lebih cepat dan browsing 35% lebih cepat.

Sementara itu,  Xiaomi belum mengungkapkan jadwal (timeline) yang  pasti kapan mereka akan meluncurkan smartphone yang didukung Snapdragon 675. Namun ada prediksi bahwa smartphone Xiaomi ini akan diluncurkan tahun depan, dan akan memasuki pasar global pada kuartal pertama 2019. (*)

Sumber: Gizmochina