pulsa-logo

Kamera Selfie iPhone XS dan XR Diolok Sebagai Beautygate, Kenapa?


Nariswari

Kamis, 25 Oktober 2018 • 13:11

Apple,iPhone XS,iPhone XR,Beautygate


Image: AppleImage: Apple

Beberapa waktu lalu, pengguna iPhone XS dan XR melaporkan ke Forum Apple Support bahwa mereka menemukan masalah yang cukup mengganggu terkait  fitur kamera selfie smartphone anyar Apple tersebut.

Dalam laporannya mereka menyatakan bahwa fitur kamera di iPhone XS dan XR miliknya akan secara otomatis mengaktifkan fitur beautification kamera selfie secara default dan tanpa opsi untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Jadi, kamera depan di perangkat iPhone XS dan XR akan secara langsung mengaktifkan mode beautification selfies tanpa izin pengguna dan tanpa opsi untuk menonaktifkannya.

Fitur beautification untuk kamera selfie di iPhone XS dan XR akan menghadirkan efek menghaluskan kulit, slim menghilangkan spot hitam, dan sebagainya. Mode beautification sudah umum ditemui di hampir setiap smartphone baik untuk selfie maupun kamera belakang. Namun sangat mengganggu, jika fitur ini tiba-tiba nongol tanpa persetujuan aktivasi dari pengguna.

Contoh  foto yang dibagikan di Reddit menunjukkan perbandingan antara hasil jepretan kamera  iPhone X dan iPhone XS. Ada perbedaan dalam foto di mana dengan jelas terlihat bahwa beberapa tanda di wajah telah dipoles dengan efek beautification  dan kulit terlihat lebih halus dan putih .

Tidak lama setelah masalah itu dikeluhkan oleh pengguna, Apple telah mengakui adanya bug berjanji  akan segera meluncurkan perbaikan untuk itu.

Apple akan meluncurkan perbaikan untuk masalah yang diolok-olok sebagai  'beautygate' ini dalam pembaruan iOS 12.1.


Apple mengatakan masalahnya terletak pada temuan bug pada sistem kamera ‘Smart HDR’ di kamera depan. Smart HDR pada kamera depan 7MP menawarkan "lebih banyak sorotan dan detail bayangan" ke foto. Smart HDR cacat dengan memilih frame dengan kecepatan rana yang lebih lama dan tidak adanya OIS menghasilkan selfies yang teraktivasi secara default.

Adapun iOS 12.1 yang saat ini dalam versi beta dan akan tersedia untuk umum dalam waktu dekat.

Ini adalah salah satu dari beberapa bug yang ditemukan di perangkat  iPhone generasi terbaru. Baru-baru ini, Apple memperbaiki masalah pengisian daya pada iPhone XS dan XS Max. Kedua iPhone tersebut  tidak akan mengisi daya kecuali layar aktif yang menyebabkan beberapa pengguna menyambungkan ulang pengisi daya. (Naris/Ozi)

(Sumber)