pulsa-logo

Ini Sumbangan Telkomsel di IdeaFest X The NextDev


Aldrin Symu

Jum'at, 26 Oktober 2018 • 15:52

telkomsel, ideafest x the nextdev, ririek adriansyah, idea experience, making indonesia 4.0, industri 4.0,


Ajang pengembangan startup teknologi di bidang sosial impact yang diusung oleh Telkomsel, yaitu The NextDev,  tahun ini menghadirkan festival kreatif tahunan terbesar di Indonesia IdeaFest X The NextDev. Melalui event ini Telkomsel menyebarkan semangat kolaborasi diantara insan-insan industri kreatif tanah air untuk kemajuan ekosistem digital Indonesia. Selain itu, event yang berlangsung tanggal 26 -27 Oktober 2018 ini juga menjadi ‘showcasing’ layanan-layanan digital masa depan Telkomsel guna mendukung roadmap pemerintah Making Indonesia 4.0.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Dukungan kami, The NextDev, dalam IdeaFest 2018 ini didasari visi yang sama yakni menyediakan wadah bagi anak muda untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi. Kami terus mendorong generasi kreatif untuk terus mencari inspirasi agar dapat terus berkarya agar dapat memberikan dampak sosial positif (social impact) di tengah-tengah masyarakat.”

Ajang IdeaFest x The NextDev menjadi semakin spesial dengan hadirnya Telkomsel Experience Zone di area IDEA XPERIENCE dengan tema ‘Living The Balance Between Work and Passion’, dimana Telkomsel menyajikan layanan-layanan digital lifestyle terdepan di sisi bisnis sekaligus mengakomodasi kebutuhan entertainment dengan konten terkini. Telkomsel Experience Zone menampilkan layanan-layanan masa depan Telkomsel yang mendukung transformasi digital Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0, seperti IoT, Big Data, Digital Advertising, Digital Lifestyle (Musik dan Video), Mobile Financial Services, hingga digital library.

Mengenai Telkomsel Experience Zone yang hadir dalam ajang IdeaFest ini, Ririek menjelaskan bahwa dalam beberapa tahun belakangan ini, Telkomsel konsisten melakukan transformasi digital dengan meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan serta senantiasa menghadirkan layanan dan solusi digital terkini yang dapat meningkatkan perkembangan ekonomi bangsa.

“Inovasi yang dilakukan Telkomsel merupakan bagian dari upaya mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital di Indonesia, yang sesuai dengan roadmap pemerintah Indonesia yaitu ‘Making Indonesia 4.0’ dalam rangka memasuki revolusi industri 4.0. Oleh karenanya dengan menghadirkannya dalam Telkomsel Experience Zone,  Telkomsel berharap dapat mendorong munculnya karya dari generasi kreatif yang dapat memajukan negeri, meningkatkan kapabilitas anak muda dan menumbuhkan kemandirian bisnis melalui teknologi digital”, ungkap Ririek.

Selain diwarnai oleh berbagai layanan masa depan, Telkomsel Experience Center juga menghadirkan banyak inspirasi mengenai ekosistem digital yang berkelanjutan dari berbagai speaker, salah satunya dari Kementerian Perindustrian yang menyampaikan key note speech dengan tema ‘Ever Changing Dynamic of Industrial Revolution 4.0: Our Digital Creative Bunsiness Landscape’.  Sedangkan inspirasi mengenai landscape ekosistem IoT di Indonesia akan disampaikan oleh Vice President Corporate Planning Telkomsel, Andri Kristianto. Selain itu, di sini diadakan juga mini-workshop tentang konten digital yang dibawakan oleh Ardhi Suryadhi (Wakil Pemimpin Redaksi detik.com) dan Danang “Cak Dan” Arradian (Vlogger Tech, Travel & Automotive). Di ajang IdeaFest ini, Telkomsel juga akan melakukan penjurian final dan mengumumkan pemenang kompetisi The NextDev 2018, kompetisi yang telah sukses melahirkan startup – startup pencipta aplikasi digital yang inovatif.


Ririek kemudian menambahkan, “IdeaFest akan menjadi panggung bagi peserta The NextDev Telkomsel untuk mengangkat kualitas dan kompetensi para pemenang sehingga mereka dapat terus berinovasi. Harapan kami kolaborasi IdeaFest x The NextDev dapat membawa semangat perubahan dan menjadi katalis bagi pertumbuhan gerakan ekonomi kreatif agar semakin merata hingga keseluruh penjuru Tanah Air”.

“Telkomsel juga mengajak para startup, kreator dan insan kreatif Indonesia untuk bergerak bersama melalui ide dan inovasi untuk memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat, kami akan mewadahi mereka melalui proses pembinaan, scaling capability hingga kesempatan komersialisasi serta partnership dengan Telkomsel,” pungkas Ririek.