pulsa-logo

Kamera Kelewat Canggih, Skor DXOMark Ponsel Ini Tidak Di-Publish Karena Terlalu Tinggi


Anwar Aburizal

Sabtu, 27 Oktober 2018 • 14:51

Huawei, Mate 20 Pro, Mate 20 Series, DXOMark, Camera Benchmark


Kredibilitas DXOMark dalam menilai kualitas kamera pada sebuah ponsel begitu tinggi, sehingga kerap menjadi parameter bagi vendor ketika mempromosikan sektor kamera dari produk flagship mereka kepada publik.

Sudah menjadi kebiasaan vendor untuk mengumumkan  skor DXOMark saat mempresentasikan produk flagship pada peluncurannya. Namun tidak demikian dengan Huawei pada saat memperkenalkan jagoan baru mereka, Mate 20 Pro dan para saudaranya di jajaran Mate 20 Series.

Membawa setup 3 kamera utama dengan konfigurasi 40MP +20MP +8MP, Huawei tak kunjung menyebutkan skor DXOMark bagi jagoannya tersebut pada peluncuran global di London, begitupun saat memperkenalkannya bagi publik di kampung halamannya, Tiongkok di Shanghai, kemarin.

Diakui Huawei, keputusan tersebut memang disengaja. Saat meluncurkan Mate 20 series untuk pasar Cina, Huawei mengungkapkan bahwa pihaknya tidak berencana untuk mempublikasikan skor dari setiap model yang ada di jajaran Mate 20 Series. Hal ini dikarenakan skor benchmark kamera yang mereka dapatkan dari DXOMArk terlalu tinggi dan sulit ditandingi.

Huawei juga mengatakan bahwa mereka tidak meninginkan publikasi yang tidak perlu, meski tak menutup kemungkinan untuk memanfaatkannya sebagai “marketing tool” di kemudian hari.

Dengan demikian, jagoan Huawei lainnya, yaitu P20 Pro masih menduduki pucuk daftar ponsel dengan skor DXOMArk tertinggi yakni 109. Disusul oleh iPhone XS Max ditempat kedua(105 poin), dan Xiaomi Mi Mix 3, Galaxy Note9 serta HTC U12+ yang berbagi posisi ketiga (103 poin).

Sumber: IThome via gizmochina