pulsa-logo

Pria Ini Terselamatkan Berkat Fitur Fall Detection di Apple Watch Series 4


Nariswari

Senin, 29 Oktober 2018 • 12:17

apple,watch,apple watch 4,fall detection,kisah yang se,amat berkat apple watch


image courtesy: Ubergizmoimage courtesy: Ubergizmo

Fitue Fall Detection yang ada pada Apple Watch 4 terbukt bermanfaat bagi penggunanya. Fitur ini dengan cerdas bisa mendeteksi gerakan tubuh si pengguna yang muncul secara tiba-tiba, seperti jatuh, tersandung. Fitur ini juga dirancang untuk menanggapi situasi di mana pengguna jatuh dan tidak dapat bangkit karena kondisi tubuh yang sakit dan lemah.

Jika Apple Watch selama ini hanya mampu mendeteksi irama  jantung, maka di Apple Watch Series 4, fitur Fall Detection ini akan langsung memberikan notifikasi dan pemberitahuan ke si pengguna, lalu membunyikan alarm, dan memberi pengguna beberapa opsi untuk dipilih, termasuk membuat panggilan darurat  ke layanan RS atau nomor darurat. Jika jam tidak mendeteksi pergerakan selama sekitar satu menit, maka akan dimulai hitungan mundur 15 detik. Pada akhir periode itu, secara otomatis akan membuat panggilan darurat secara otomatis.

Dikutip dari Phonearena, Apple Watch Series 4 dikabarkan berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria bernama Gustavo Rodriguez (34). Kisah yang dipublikasikan di media Swedia AftonBladet tersebut  menyebutkan bahwa Gustavo Rodriguez di hari itu sedang memasak, ketika dia mengalami sakit punggung yang sangat parah yang terasa seperti pisau yang menusuk-nusuk bagian tulang ekornya. Tak tahan dengan rasa sakit di punggungnya, Rodriguez akhirnya ambruk di lantai, tepat di depan kompor panas yang dia gunakan. Untungnya, Rodriguez menggunakan Apple Watch Series 4. Dan fitur Fall Detection  yang dimiliki oleh Apple Watch Series 4  bekerja dengan sempurna, menempilkan notifikasi di layar, dan  membunyikan alarm dan menanyakan apakah Gustavo menginginkan Apple Watch Series 4 untuk meminta bantuan darurat.

Meskipun ponselnya ada di kamar sebelah, Apple Watch Series 4 dengan cerdas bisa menyelamatkan Gustavo dengan memanggil ambulans dan nomor kontak darurat. Gustavo Rodriguez memutuskan untuk memanggil ibu mertuanya yang tinggal di dekat situ, dan dia mengantarnya ke rumah sakit.

Fiitur Fall Detection di Apple Watch Series 4 akan langsung aktif bekerja secara default untuk pengguna yang berusia 65 tahun ke atas. Pemakai yang lebih muda dapat mengaktifkan fitur sesuai keinginan mereka. Tapi karena siapa saja bisa jatuh (bahkan dengan secara tidak sengaja), maka  mungkin adalah ide yang baik untuk semua pengguna Apple Watch Series 4 untuk mengaktifkan fitur Fall Detection tersebut.

Hal terpenting dari kejadian ini adalah fitur pendeteksian jatuh pada Apple Watch Series 4 adalah fitur yang sangat bagus dan dapat berfungsi secara maksimal, dan dapat menyelamatkan hidup seseorang. (*)

Sumber: Alfonbadet via Phonearena