pulsa-logo

Muncul Belakangan, Bisakah OnePlus 6T Bersaing dengan Flagship Keluaran Samsung Dkk?


Nariswari

Selasa, 30 Oktober 2018 • 17:18

oneplus,oneplus 6,oneplus 6T,galaxy note 9,galaxy S9,ciaomi mi mix 3


PhonearenaPhonearena

OnePlus kemarin (29/10) secara resmi merilis smartphone andalan terbarunya yakni OnePlus 6T yang masuk ke dalam line-up smartphone premium yang dirilis oleh OnePlus. Seperti model OnePlus sebelumnya, OnePlus 6T dibekali dengan fitur dan  spesifikasi yang mengesankan. Selain desain yang sangat apik, kualitas kamera yang jauh lebih baik, baterai yang lebih besar, dan bahasa desain yang lebih halus , tentunya cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan oleh OnePlus.

Hal  yang benar-benar membuat OnePlus 6T cukup “menarik” adalah bahwa ini adalah ponsel pertama dari OnePlus yang diluncurkan melalui operator Amerika Serikat, yaitu T-Mobile. Yang sekaligus memperkuat posisi OnePlus di pasar global.  Lalu seperti apa desain dan spesifikasi yang diusung oleh OnePlus 6T?

Desain + Layar

OnePlus 6T  sebenarnya tidak begitu berbeda dari kebanyakan smartphone kelas atas yang Adan jumpai di pasaran hari ini. Bagian bodinya terbuat dari paduan kaca dan logam, sementara hampir semua bagian depannya ditempati oleh layar imersif.  Bagian kaca depannya diproteksi oleh Corning  Gorilla Glass 6, yang merupakan versi terbaru Gorilla Glass yang menggunakan campuran terbaru dari kaca anti gores Corning.

Pada bagian sisinya, Anda akan menemukan “alert slider”- tombol fisik praktis di sisi bodi smartphone yang memungkinkan Anda dengan cepat mengubah modus ponsel Anda di getar atau silence. Adapun pemindai sidik jari bukan ditempatkan di belakang melainkan di bawah layar. Smartphone ini juga tidak mendukung headphone jack 3.5mm, tetapi Anda mendapatkan adaptor 3.5mm  di kotak pembeliannya. OnePlus 6T hanya tersedia dalam dua warna - matte atau hitam glossy. Warna yang memang terkesan konvensional, dan mencirikan ponsel premium.

OnePlus 6T hadir dengan layar berponi (notch), tetapi notch itu sendiri didesain kecil, hanya sebagai “rumah” untuk  kamera depannya. Sayangnya tidak ada perangkat lunak pemindaian wajah 3D yang dihadirkan di OnePlus 6T  - sementara celah lubang suara (microson) didesain sangat tipis dan kecil terletak di atas notch. Jika Anda merasa “terganggu”  oleh fitur desain khusus ini, ada opsi untuk "menyembunyikan"  desain notch dengan menerapkan latar belakang hitam ke area tampilan di sisi layarnya.

OnePlus 6T menampilkan layar AMOLED berukuran  6,41 inci dengan resolusi 2,340 x 1,080 piksel (402ppi). Ini adalah layar terbesar pada ponsel OnePlus sejauh ini, tetapi resolusinya hampir sama dengan yang ada di OnePlus 6. Dengan kata lain, ketajaman tampilan yang dimiliki oleh OnePlus 6T  belum menandingi pendahulunya. Bahkan sudah ada beberapa smartphone yang memiliki tingkat ketajaman warna  melebihi 500ppi.


Salah satu fitur andalan  OnePlus 6T adalah  pembaca sidik jari di-display-nya. Smartphone ini menyisipkan pemindai sidik jari di bawah  layar - dan  diklaim dapat membuka kunci ponsel dalam waktu sepertiga detik.  

Sensor ini didukung dengan berbagai optik, yang berarti bahwa cahaya dari layar  akan menyinari jari Anda saat sedang dibaca. Ini adalah teknologi yang sama yang digunakan di Huawei Mate 20 Pro, jadi teknologi ini tidak sepenuhnya inovasi baru. Namun, OnePlus 6T akan menjadi ponsel pertama yang diluncurkan di AS dengan fitur ini. OnePlus mengklaim bahwa pemindai sidik jari ini  dapat digunakan untuk transaksi Android Pay. Selain pemindai sidik jari, OnePlus 6T juga  memiliki alternative otentifikasi lain yakni  fitur Face Unlock yang sama yang ditemukan pada OnePlus 6 dan  OnePlus 5T.

Hardware dan Software

OnePlus 6T hadir dengan dukungan processor Qualcomm Snapdragon 845. Ini adalah chip yang sama yang menggerakkan banyak perangkat andalan berbasis  OS Android tahun ini, termasuk Samsung Galaxy S9, LG G7, Sony Xperia XZ3 dan Xiaomi Mi Mix 3 .

OnePlus 6T tersedia dalam tiga konfigurasi memori: RAM 6GB/ROM 128GB, RAM 8GB/ ROM 128GB, dan varian premium dengan konfigurasi RAM 8GB/ ROM 256GB. Sayangnya, OnePlus 6T tidak didukung oleh ekspansi memori eksternal.

Smartphone yang menjalankan OS Android v9.0 Pie ini menampilkan antarmuka OxygenOS - antarmuka pengguna khusus garapan OnePlus  yang  dibuat  “sehalus” mungkin, dan  memberikan pengalaman yang smooth, tanpa cela dan mudah digunakan.

Kamera

Upgrade terbesar dari OnePlus 6T  adalah fitur kamera yang  hadir dalam fitur yang disebut fitur Nightscape. Singkat cerita, ini adalah mode malam HDR yang sangat canggih yang menggunakan informasi visual dari beberapa frame gambar  untuk meningkatkan detail gambar sekaligus mengurangi tingkat noise dan resiko buram saat mengambil gambar di kondisi minim cahaya.  Foto Nightscape membutuhkan waktu 2 detik untuk pengambilan gambar, sedikit  lebih lama dari bidikan biasa, tetapi hasilnya sangat memuaskan. OnePlus mengatakan bahwa  Mode Nightscape  baru akan dihadirkan ke OnePlus 6 dalam waktu satu minggu ke depan.

Gambar mode Portrait  pada OnePlus 6T dapat ditingkatkan dengan fitur Studio Lightning yang baru diperkenalkan di OnePlus 6T. Mekanisme fitur ini tampaknya bekerja dengan cara yang mirip dengan apa yang kita miliki di iPhone - ketika wajah terdeteksi dalam bingkai bidikan kamera, Anda diberi kebebasan untuk menonjolkan fitur tertentu dengan mengendalikan luminositas area tersebut. Studio Lightning tersedia baik  di kamera utama dan kamera depan di OnePlus 6T.

OnePlus 6T memiliki kamera yang mirip dengan OnePlus 6, dual kamera utamanya memiliki konfigurasi  16MP f1.7 dengan kamera sekunder beresolusi  20MP.  Kamera ini memiliki OIS dan EIS untuk menstabilkan jepretan. Video dapat direkam hingga resolusi 4K dan 60 fps. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 16MP.

Baterai dan Pengisian daya

Ponsel OnePlus dikenal karena kemampuan pengisian dayanya yang cepat, dan OnePlus 6T tidak terkecuali. Satu-satunya perbedaan di sini adalah bahwa teknologinya hanya disebut Fast Charge sekarang, bukan  disebut Dash Charge seperti  di ponsel OnePlus sebelumnya. Secara teknis, ini menggunakan pendekatan pengisian cepat yang sama  dengan  memompa 5 volt hingga 4 amp dari charger.

OnePlus 6T  dibekali dengan komponen baterai yang  lebih besar. Bahkan, OnePlus 6T mengemas baterai terbesar yang pernah dimiliki ponsel OnePlus, dengan daya sebesar 3,700mAh. OnePlus mengklaim kapasitas daya baterai ini akan menghasilkan peningkatan 23% dalam masa pakai baterai. Sayangnya, OnePlus 6T  belum mendukung pengisian daya nirkabel.

Harga dan Ketersediaan OnePlus 6T

OnePlus 6T dibanderol dengan harga sebagai berikut:

USD$ 549 (setara dengan Rp. 8,4 jutaan) untuk model RAM 6GB/ROM 128GB

USD$ 579 (setara dengan Rp.8,9 jutaan) untuk model RAM 8GB/ ROM 128GB

USD$ 629 (setara dengan Rp.9,7 jutaan) untuk model RAM 8GB/ ROM 256GB

Harga ini berlaku untuk model tidak terkunci (unlocked)  yang akan dijual di toko online OnePlus. OnePlus 6T versi unlocked akan dibundling dengan operator  AT & T, T-Mobile, dan Verizon.

Adapun  OnePlus 6T  model RAM 8GB/ ROM 128GB  akan tersedia di toko-toko retail resmi dan jaringan  operator pada tanggal 1 November 2018. OnePlus juga memberikan beberapa penawaran menarik bagi pelanggan T-Mobile  saat melakukan pembelian OnePlus 6T , seperti potongan harga, potongan kredit tagihan bulanan, dan sebagainya. (*)

Sumber: Phonearena

https://www.phonearena.com/news/OnePlus-6T-announced-design-specs-battery-release-date-price-t-mobile_id109688