pulsa-logo

Synology DiskStation DS119j, Produk NAS untuk Pengguna Rumahan


Fauzi

Selasa, 30 Oktober 2018 • 20:53

Synology,DiskStation DS119j


Image: SynologyImage: Synology

Synology Inc. meluncurkan DiskStation DS119j, sebuah produk Network Attached Storage (NAS) 1-bay terbaru yang ringkas dan hemat energi, dirancang untuk menjadi NAS pertama yang ideal bagi berbagai kalangan.

Michael Wang, Manajer Produk Synology mengatakan hingga saat ini, ada banyak pengguna yang belum familiar dengan NAS, maupun mengetahui apa itu NAS dan berbagai kelebihannya untuk pengguna rumahan.

“DiskStation DS119j dirancang sebagai pilihan ideal untuk pengguna NAS perdana, sebab memiliki fitur software serbaguna, tampilan antarmuka pengguna yang intuitif, juga harganya yang terjangkau,” ujarnya lagi.   

Synology menyadari bahwa kendati penggunaan NAS lebih bisa dipahami oleh kalangan para pelaku bisnis skala Kecil dan Menengah, hanya sedikit para pengguna rumahan yang melihat perlunya memiliki NAS, atau bahkan untuk sekedar mengetahui apa itu NAS. Padahal, jika melihat dari berbagai keunggulannya, Synology percaya bahwa NAS akan memberikan manfaat yang sama bagi para pengguna rumahan. Terutama bagi mereka yang memiliki banyak data-data multimedia (foto, video) dengan frekuensi berbagi (sharing) yang tinggi. Bahkan jika tidak demikian pun, memiliki perangkat NAS dapat menjadi jaring pengaman yang selama ini kurang banyak diapresiasi oleh pengguna komputer.

Network Attached Storage (NAS) dapat menjadi private cloud serbaguna dimana para pengguna dapat menyimpan semua data-data penting miliknya dan dokumen-dokumen sensitif lain, dengan tingkat keamanan tinggi. Secara ringkasnya, NAS seperti bank hard drive yang terkoneksi ke jaringan internet, sehingga memungkinkan para pengguna (siapapun yang diperbolehkan melalui izin/password) dapat mengakses konten yang disimpan di dalam bank hard drive tadi, tanpa perlu repot-repot mencolok perangkat apapun

Synology mengidentifikasi beragam manfaat penggunaan NAS untuk pengguna rumahan yang tidak terbatas kepada, namun meliputi hal-hal di bawah ini.

  • Lebih dari sekedar perangkat penyimpanan: tempat penyimpanan terpusat yang memungkinkan pengguna untuk mengakses data-data dari jauh (remote) melalui berbagai web-browser, lokal file explorer, juga peranti iOS/Android dengan kunci pengaman
  • Pusat multi-media di rumah: nikmati streaming 4.000 judul film melalui peranti ponsel, media player, TV dan komputer kapan saja dan dari mana saja dengan tempat penyimpanan tanpa batas.
  • Back up untuk PC dan ponsel: Melakukan back up seluruh file pengguna, termasuk foto dan video yang diambil melalui perangkat ponsel ke NAS terpusat secara otomatis dan real time.


Didasarkan pengetahuan atas berbagai keunggulan NAS tersebut, Synology memperkenalkan DiskStation DS119j, yang dirancang untuk menjadi produk NAS pertama bagi pengguna NAS pemula dari kalangan rumahan. Disesuaikan untuk kebutuhan penggunaan di rumah, DS119j hanya membutuhkan daya listrik sebesar 5,01 watt pada posisi hard drive standby, dan daya sebesar 10,04 watt ketika bekerja secara penuh – bandingkan dengan laptop yang rata-rata mengkonsumsi daya listrik sebesar 45 watt. Lebih jauh lagi, dengan desain anti-bising, menjadikan DS119j bersuara lebih senyap jika dibandingkan dengan PC misalnya.

DS119j juga berfungsi sebagai server bagi kebutuhan multimedia rumahan. Pengguna dapat dengan mudah melakukan sharing foto kepada para sahabat maupun keluarga, ataupun mendengarkan musik streaming dan menonton video melalui ponsel maupun multimedia player lain misalnya. DS119j berjalan dalam sistem operasi DiskStation Manager, sebuah sistem operasi terkini dan intuitif untuk perangkat Synology NAS yang menawarkan berbagai aplikasi untuk meningkatkan produktivitas kerja para penggunanya. (Ozi)

Sumber: PR