pulsa-logo

Sebelum Beli Galaxy A7, Lihat Dulu Kemampuan 3 Kameranya


Hairuddin

Rabu, 31 Oktober 2018 • 07:43

Samsung, Samsung Galaxy A7, Triple Camera Galaxy A7, Harga Samsung Galaxy A7, Review Galaxy A7,


Samsung Galaxy A7 Triple Camera (Foto: PULSA/Hairuddin)Samsung Galaxy A7 Triple Camera (Foto: PULSA/Hairuddin)

Samsung resmi menghadirkan handphone dengan tiga kamera utama pertamanya di pasaran Indonesia. Handphone bertajuk Samsung Galaxy A7 ini pun sudah bisa dipesan secara online di beberapa e-commerce kenaamaan tanah air.

PULSA juga sudah mengulas lebih dalam seputar performa keseluruhan handphone ini. Termasuk mengeksplorasi lebih jauh lagi kemampuan triple camera yang dimiliki Galaxy A7 di even Media Workshop: Capture Life Differently di Bogor 29-30 Oktober lalu.

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, Samsung Galaxy A7 ini dibekali tiga kamera utama yang ada di bagian belakang. Masing-masing lensa terdiri dari 24 MP untuk Low Light, 8 MP Ultra Wide dan 5 MP untuk Live Focus.

Ultra Wide

Sorotan utama dari kamera handphone ini ada pada kemampuan Ultra Wide dengan sudut tangkapan 120 derajat, yang setara mata manusia. Kamera Ultra-Wide Lens mampu memotret momen—momen berharga di sekitar dengan sudut pandang yang lebih luas, dan tentunya hasilnya pun memiliki kualitas foto yang cukup menawan.  

Fitur Ultra Wide ini bisa ditemukan saat Anda mengaktifkan mode Auto. Ikon pengaturan berbentuk pemandangan akan tertampil di layar viewfinder. Jadi tinggal tap saja pilihannya. Samsung memang cukup perduli pada kepraktisan pengoperasian kamera. Intinya, vendor Korea ini ingin memanjakan pengguna lewat interface kamera yang mudah dioperasikan.

Menariknya lagi, hasil foto menggunakan Ultra Wide ini pun masih bisa diutak-atik dengan ditambahkan beragam efek maupun filter. Pasalnya, galeri foto juga sudah terintegrasi dengan fitur editing.


Kamera Samsung Galaxy A7 juga menyertakan fitur Scene Optimizer yang terintegrasi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Dengan mengaktifkan mode ini,  kamera akan otomatis mendeteksi dan mengkategorikan pengaturan tingkat kecerahan, keseimbangan dan kontras warna pada obyek makanan untuk menghasilkan foto yang menawan. Tidak perlu lagi bersusah payah memotret makanan untuk memastikan semua hidangan masuk di dalam frame, karena fitur ultra-wide lens mampu menangkap obyek dengan lebih optimal.

Buat yang penasaran, bisa melihat hasil jepretan fitur Ultra Wide berikut ini. Hasil foto tentunya sudah mengalami penyesuaian untuk tampilan website.

Ultra Wide Galaxy A7Ultra Wide Galaxy A7

Ultra Wide Galaxy A7Ultra Wide Galaxy A7

Ultra Wide Galaxy A7Ultra Wide Galaxy A7

Ultra Wide Galaxy A7Ultra Wide Galaxy A7

Ultra Wide Galaxy A7 Ultra Wide Galaxy A7

Live Focus

Fitur ini sejatinya bukan sesuatu yang baru. Pasalnya, di beberapa perangkat Samsung ada yang kameranya sudah dijejalkan fitur Live Focus. Namun di Galaxy A7 ini Samsung mengklaim sudah sedikit meningkatkan kemampuannya.

Mode Live Focus ini memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat blur (efek bokeh) secara langsung sebelum menjepret foto. Anda bisa menentukan titik mana yang akan fokus, dan selebihnya bokeh. Bahkan, hasil foto yang dijepret menggunakan mode Live Focus pun masih bisa diedit kembali loh.

Anda juga bisa menambahkan beragam filter keren untuk menghasilkan efek foto yang berbeda. Di bawah ini, kami menampilkan beberapa foto hasil jepretan menggunakan mode Live Focus.

Live Focus Galaxy A7Live Focus Galaxy A7

Live Focus Galaxy A7Live Focus Galaxy A7

Live Focus Galaxy A7Live Focus Galaxy A7

Live Focus Galaxy A7Live Focus Galaxy A7

Live Focus Galaxy A7Live Focus Galaxy A7

Low Light

Kemampuan lain yang juga dimiliki kamera Samsung Galaxy A7 adalah bisa menangkap momen keren di kondisi cahaya kurang terang, istilah kerennya Low Light. Anda bisa berkreasi untuk mendapatkan momen Low Light di Galaxy A7 dengan cara memilih mode Pro.

Memotret momen dalam cahaya minim merupakan tantangan tersendiri. Untuk sebagian besar orang, mengatur ISO atau kepekaan sensor terhadap cahaya merupakan salah satu faktor penting untuk mengambil foto pada kondisi redup. Samsung Galaxy A7 memiliki ISO antara 100 – 800 sehingga memudahkan Anda untuk menangkap foto Low Light.  

Aperture (f) atau pembukaan lensa juga merupakan salah satu faktor penting dalam menghasilkan foto terbaik meskipun dalam keadaan Low Light. Semakin rendah bilangan aperture, maka semakin baik kemampuan lensa untuk menyerap cahaya dengan maksimal. Samsung Galaxy A7 memiliki bukaan lensa f1.7 yang dapat menghasilkan cahaya yang baik untuk kualitas foto yang optimal.  

 

Selain ISO dan Aperture, fungsi penting lain terkait foto Low Light adalah White Balance untuk mengatur temperatur warna pada objek foto. Anda bisa mengatur white balance untuk mendapatkan tone foto sesuai dengan keinginan dengan memaksimalkan kondisi cahaya pada ambience di sekitar objek foto.  

Berikut ini beberapa hasil jepretan kamera Samsung Galaxy A7 menggunakan mode Pro untuk mendapatkan foto Low Light.

Low Light Galaxy A7Low Light Galaxy A7

Low Light Galaxy A7Low Light Galaxy A7

Low Light Galaxy A7Low Light Galaxy A7

Low Light Galaxy A7Low Light Galaxy A7

Low Light Galaxy A7Low Light Galaxy A7

Gimana, keren gak hasil foto Samsung Galaxy A7? Untuk yang masih penasaran dengan performa Galaxy A7, bisa simak ulasannya di sini. (Udn)