pulsa-logo

Chipset Mediatek Berteknologi 5G Baru Dirilis Akhir 2019


Nariswari

Jum'at, 02 November 2018 • 19:19

Chipset Mediatek Berteknologi 5G Baru Dirilis Akhir 2019


image: Gizchinaimage: Gizchina

Jika beberapa waktu yang lalu, Qualcomm mengumumkan beberapa vendor smartphone dan produsen perangkat elektronik global yang sudah “mengantre” untuk mendapatkan dukungan dari  processor Qualcomm terbaru yang mendukung konektivitas 5G, namun pemandangan yang jauh berbeda terlihat dari kompetitor sengitnya yakni MediaTek.

Berdasarkan  bocoran informasi terbaru, pasar smartphone  global sudah  mulai  memunculkan  perangkat generasi terbaru dengan dukungan  konektivitas  5G pada paruh kedua tahun depan. Namun, jangan harap  jajaran  smartphone terbaru  ini akan menggunakan SoC  besutan MediaTek. Pasalnya, MediaTek baru akan memasuki penggarapan processor 5G pada akhir tahun 2019.

Seperti diloansir Gizchina. siang kemarin (1/11), CEO MediaTek, Cai Lixing, mengadakan sesi konferensi pers dan mengungkapkan ke media  bahwa chip baseband Helio M70  yang merupakan  chipset generasi mendatang MediaTek yang mendukung 5G akan memasuki pasar pada semester pertama tahun depan. Chip MediaTek 5G (SoC) ini baru akan mulai diproduksi pada akhir tahun depan. Ini menyiratkan bahwa ponsel 5G  yang diotaki oleh chip MediaTek baru bisa kita jumpai pada tahun 2020!

Cai Lixing juga mengatakan bahwa seiring waktu,  transfer bisnis 5G semakin dekat.  Di sinilah MediaTek akan menginvestasikan lebih banyak sumber daya (R&D)  dalam pengembangan teknologi jaringan  5G. Penelitian dan Pengembangannya (R & D) akan mencakup berbagai aspek  hingga akhir tahun depan.

Cai Lixing juga mengatakan bahwa dari sudut pandang teknis, MediaTek telah belajar beberapa hal dalam  periode  pengembangan bisnis chipset 4G.  MediaTek mengatakan bahwa kepatuhannya dengan berbagai standar 3GPP 5G cukup akurat dan aktif. Menurutnya, arsitektur chip 5G MediaTek cukup jelas dan dimanfaatkan sepenuhnya secara optimal.

Baru-baru ini, MediaTek secara terbuka mendemonstrasikan prototipe chipset dengan dukungan 5G untuk pertama kalinya ke publik. (*)

Sumber: Gizchina