pulsa-logo

Galaxy S10 Dilaporkan Bakal Gunakan Pemindai Sidik Jari Besutan Qualcomm


Nariswari

Senin, 05 November 2018 • 16:52

samsung,galaxy,Galaxy S10,samsung galaxy S10,qualcomm


ilustrasi, image coourtesy: GSMArenailustrasi, image coourtesy: GSMArena

Selain bocoran informasi bahwa smartphone generasi terbaru Samsung yakni Galaxy S10  akan diluncurkan di tahun depan, salah satu sorotan yang cukup menarik perhatian adalah berbagai fitur dan spesifikasi yang akan diusungnya. Berdasarkan informasi terbaru menyebutkan  bahwa Samsung akan menggunakan fitur pemindai sidik jari ultra-sonik generasi ketiga besutan Qualcomm di  Galaxy S10. Hadirnya fitur ini sekalis upaya Samsung akan perlahan meninggalkan fitur pemindai iris.

Bocoran informasi lainnya muncul dari Twitter Ice Universe (via GSMArena) yang menyebutkan bahwa fitur pemindai sidik jari baru yang tertanam di bawah layar yang akan dihadirkan di Samsung Galaxy S10 akan menjadi eksklusif di perangkat Samsung selama setidaknya setengah tahun di 2019.

Berdasarkan bocoran informasi tersebut, pemindai sidik jari yang ditujukan untuk Samsung Galaxy S10 Series tersebut  akan lebih cepat terukur dan memindai daripada yang optik yang ada saat ini ditanam di smartphone premium kekinian. Akan tetapi yang terpenting adalah teknologi pemindai sidik jari terbaru yang akan disematkan di Samsung Galaxy S10 tersebut akan mencakup area layar yang lebih besar dibandingkan pemindai sidik jari  di layar pada smartphone lainnya.

Masalah dengan pemindai UD (under display) saat ini adalah bahwa bidang pemidai sidik jari tersebut masih sangat terbatas dan kecil, sehingga Anda perlu menempatkan sidik jari Anda pada area yang sangat spesifik pada panel. Solusi Qualcomm, di  pengembangan pemindai sidik jari Qualcomm UD ini akan mencakup sekitar 30% dari permukaan layar smartphone.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya kita mendengar tentang teknologi pemindai sidik jari ultra-sonik. Baru bulan lalu, disebutkan bahwa Samsung berinvestasi besar pada pengembangan solusi optik untuk menghasilkan tingkat  akurasi yang lebih baik pada fitur pemindaian sidik jari. Pemindai ultra sonic akan menangkap gambar 3D sidik jari Anda dengan detai yang sangat terperinci, termasuk semua pori-pori, lubang miskroskopik keringat dan tiap tonjolan di jari Anda tanpa terganggu oleh pasokan cahaya di sekitarnya.

Samsung Galaxy S10 juga dilaporkan akan diluncurkan pada ajang CES 2019 yang akan diselenggarakan di Las Vegas, pada akan dimulai hari Selasa 8 – 11 Januari 2019. (*)