pulsa-logo

IPhone 5G Pertama Dirilis 2020


Nariswari

Senin, 05 November 2018 • 17:14

IPhone 5G Pertama Dirilis 2020


ilustrasiilustrasi

Saat teknologi 5G kini mulai gencar untuk dikembangkan, banyak vendor smartphone dan pelaku bisnis termasuk operator di seluruh. Sementara produsen perangkat pintar sedang mempersiapkan untuk memperkenalkan jajaran smartphone yang mendukung konektivitas ultra-cepat di awal  2019. Lalu bagaimana dengan Apple?

Nampaknya Apple masih “absen” untuk meluncurkan ponsel 5G di tahun depan. Menurut kabar  terbaru yang berasal dari Fast Company, iPhone generasi mendatang yang didukung oleh konektivitas 5G pertama baru akan datang pada tahun 2020. Mengutip keterangan dari narasumber anonim yang mengetahui tentang rencana Apple untuk mengembangkan iPhone 5G tersebut.

Laporan terbaru dari Fastcompany (via Phonearena), mengklaim bahwa chip modem Intel 10-nanometer 8161 akan secara eksklusif digunakan di jajaran iPhone generasi mendatang. Hal ini cukup mengejutkan. Mengingat selama ini Apple lebih banyak menggunakan modem dari Qualcomm dan Intel sejak 2016, akan tetapi sepertinya Apple memutuskan hubungan dengan Qualcomm, dan akan memberikan kepercayaan pasokan modem ke Intel saja.

Intel hingga saat ini  sedang “berjuang” untuk  mengembangkan teknologi yang dapat dengan cerdas mengurangi pembuangan panas dengan komponen-komponen inti di dalam modem. Banyak operator di AS yang akan bergantung pada penggunaan gelombang milimeter, spektrum radiasi elektromagnetik antara 30 dan 300 GHz untuk 5G. Sejauh ini, unit pengujian  dengan menggunakan modem Intel 8060 masih mengalami masalah dengan akumulasi panas, yang juga berdampak negatif terhadap masa pakai baterai. Disebutkan bahwa Intel yakin akan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah panas ini.

Akan tetapi Apple sudah mengantongi  kerjasama dengan MediaTek sebagai pemasok chip alternatif jika ada  masalah berlanjut dengan komponen modem 5G besutan Intel. Sebagai perbandingan, produsen komponen untuk perangkat Android seperti Samsung, Huawei, dan Xiaomi akan menggunakan modem Qualcomm X50 5G, yang diklaim anti-panas (anti overheating).

Keputusan Apple untuk membutuhkan waktu lebih lama dalam meluncurkan iPhone 5G nya, memang tampaknya bukan seperti kabar baik bagi pecinta Apple. Namun, pendekatan konservatif ini bisa menjadi tindakan yang baik dan penuh kematangan. Perlu Anda sadari, bahwa memang saat ini sudah mulai bermunculan smartphone dengan dukungan 5G seperti Xiaomi Mi Mix 3 yang keluar pada tahun 2018, tetapi kemampuan ini tidak akan digunakan secara maksimal sampai ada jaringan 5G untuk mendukung konektivitas di smartphonetersebut.

Beberapa operator nirkabel di AS dan di seluruh dunia akan membuat teknologi 5G ini tersedia segera secara meluas. Akan tetapi cakupan jaringan 5G  di seluruh dunia tentu tidak bisa terwujud dalam waktu semalam. (*)