pulsa-logo

Adu Fitur Huawei Y6 2018 vs Xiaomi Redmi 6A, Mana yang Pantas Diburu?


Hairuddin

Selasa, 06 November 2018 • 07:00

Harga Redmi 6A, Spesifikasi Redmi 6A, Harga Huawei Y6, Spesifikasi Huawei Y6 2018, Adu Fitur Huawei Y6 vs Redmi 6A


Huawei Y6 2018Huawei Y6 2018

Menjelang gelaran hari belanja online nasional yang jatuh pada tanggal 11 November setiap tahunnya, atau biasa disebut 11.11, sejumlah toko online telah ramai berlomba-lomba mengkampanyekan program-program menarik mereka. Beruntung untuk kita, bisa jadi hari tersebut adalah waktu yang tepat untuk mengganti ponsel dengan yang baru, atau sekedar menunaikan janji memberikan hadiah untuk anak atau pasangan.

Dalam kategori ponsel hot, PULSA berasumsi bahwa rentang harga menengah ke bawah akan cukup layak diburu pada Harbolnas kali ini. Di situ ada sejumlah produk “menggiurkan” yang mampu memenuhi kebutuhan fotografi dan gaming kelas menengah ke bawah. Xiaomi Redmi 6A yang tercatat cukup populer bisa jadi akan mendapat perlawanan sengit dari sejumlah pabrikan lain, salah satunya adalah Huawei Y6 2018 yang kabarnya akan dijual dengan harga spesial pada momen harbolnas.

Di atas kertas, Huawei Y6 2018 ini memiliki detil spesifikasi yang tidak jauh beda dengan Xiaomi Redmi 6A. Untuk mengetahui perbandingannya secara lebih lengkap, khususnya terkait perbandingan fitur, spesifikasi termasuk desain Huawei Y6 2018 versus Xiaomi Redmi 6A, simak ulasan berikut ini.

Desain

Sebagai ponsel murah meriah, memang tidak ada yang istimewa dari desain kedua smartphone ini. Baik Xiaomi Redmi 6A maupun Huawei Y6 2018 sama-sama mengusung desain yang standar. Keduanya dibungkus material plastik. Bedanya, bodi belakang Redmi 6A terlihat nge-dop sementara Huawei Y6 2018 tampil mengkilap.

Di bagian belakang, keduanya memposisikan kamera di pojok kiri atas dengan formasi lensa kamera sebelah kiri dan LED flash di kanannya. Jika di Redmi 6A punya garis mendatar, di Y6 polos saja.

Untuk tombol akses serta panel kontrol seperti volume dan power, keduanya menempatkan di sisi yang serupa. Posisi SIM card tray juga sama. Hanya saja, Redmi 6A memisahkan slot SIM card kedua dengan slot utama + microSD. Sedangkan di Huawei Y6 2018, tiga slot kartu tersebut berada di satu kompartemen.


Soal kenyamanan, keduanya masih tergolong cukup enak dan pas digenggam. Huawei Y6 2018 memiliki desain yang lebih tipis dari Redmi 6A. Tebal Y6 sekitar 7,8mm, sementara Redmi 6A 8,3mm.

Layar dan UI

Sesuai tren kekinian, Xiaomi Redmi 6A dan Huawei Y6 2018 sama-sama dibekali layar berkonsep FullView yang memiliki bentangan luas. Teknologi layar 2.5D di Huawei Y6 menambah kesan apik. Keduanya menggunakan jenis layar IPS LCD dengan resolusi HD+ dan rasio aspek 18:9.

Di sini, Huawei Y6 2018 bisa dibilang lebih unggul dari Xiaomi Redmi 6A. Pasalnya, smartphone Huawei ini memiliki dimensi layar yang lebih lebar. Jika diukur dalam angka, layar Huawei Y6 2018 memiliki diagonal sebesar 5.7 inci (14.48 cm), sedangkan Redmi 6A cuma 5.45 inci (13.84). Perbandingan rasio layar dengan bodi ponsel pun Huawei Y6 2018 mengungguli Redmi 6A, yakni 75.36% berbanding 72.68%.

Dengan perbandingan tersebut, otomatis tampilan layar Huawei Y6 2018 jadi lebih luas ketimbang Redmi 6A. Tentunya, layar Huawei Y6 akan memberikan kenyamanan yang lebih baik saat digunakan untuk menonton video maupun bermain game. Layar Huawei Y6 juga memiliki kemampuan multi-touch yang cukup baik, yakni dapat mendeteksi 10 titik sentuhan jari.

Bergeser ke bagian interior. Baik Huawei Y6 maupun Redmi 6A sama-sama membenamkan OS Android Oreo, hanya saja versinya yang berbeda. Selain itu, keduanya juga menyertakan custom OS khas masing-masing yang tentunya menghadirkan pengalaman jelajah yang lebih baik dan interaktif ketimbang user interface standar Android.

Untuk Redmi 6A, Xiaomi menjejalkannya dengan custom ROM MIUI 9.6 versi global. Sedangkan Huawei Y6 memakai EMUI 8.0.0. Banyaak pengaturan dan fitur tambahan yang disertakan masing-masing antarmuka khas ini. Mulai dari pengaturan wallpaper, widget, notifikasi dan sebagainya. Intinya, pengguna bisa lebih leluasa mempersonalisasikan perangkat sesuai dengan kebutuhan.

Terkait sistem keamanan, selain mengandalkan PIN dan Password keduaanya juga disokong teknologi pemindai wajah yang terintegrasi dengan kamera depan, istilah kerennya Face Unlock. Tidak ada sensor fingerprint di kedua smartphone. Soal kinerja, Face Unlock di kedua perangkat ini mampu mendeteksi wajah dan memprosesnya menggunakan algoritma khusus dengan kemampuan yang cukup baik.

Performa

Selain desain dan layar, bagian penting lain yang perlu untuk ditandingkan adalah sisi performa. Meski sama-sama masuk dalam kategori entry level dan dibanderol dengan harga yang terjangkau, keduanya digadang-gadang memiliki kinerja yang cukup apik.

Secara teknis, kedua smartphone ini memang membawa spesifikasi hardware yang berbeda, namun performanya sih sebenarnya sebanding. Xiaomi Redmi 6A membenamkan dapur pacu MediaTek Helio A22 dengan prosesor Quad-core, sementara Huawei Y6 2018 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 425 prosesornya juga Quad-core. Jeroan ini ditandem dengan RAM 2GB plus penyimpanan internal 16GB.

Untuk sekadar memainkan game semisal Mobile Legend, AoV, Free Fire dan beberapa game bergenre Racing alias balapan, jeroan kedua smartphone ini masih bisa berakselerasi dengan baik dan lancar. Di bagian ini, Huawei Y6 2018 punya nilai plus karena sudah dilengkapi dengan beberapa buah game bawaan semisal Asphalt Nitro.

Sebagai penopang kinerja, kedua smartphone ini disokong baterai dengan kapasitas yang sama yakni 3000 mAh.  Lumayan besar, dan bisa menyuplay daya hingga seharian untuk penggunaan normal.  Baik Redmi 6A maupun Huawei Y6 2018, sama-sama dibekali pula dengan sistem manajemen power yang baik. Termasuk hadirnya mode penghemat baterai.

Kamera

Sebagai ponsel entry level, kamera yang dibawa Redmi 6A maupun Huawei Y6 2018 masih dapat diandalkan untuk menghasilkan jepretan foto di berbagai kondisi lingkungan. Bisa dibilang, kamera keduanya cukup mampu bersaing di level harga yang hampir sama.

Di atas kertas, Redmi 6A dan Huawei Y6 2018 mencatatkan spesifikasi kameranya terdiri dari lensa utama berkekuatan 13 MP plus kamera depan 5 MP. Untuk kamera depan, selain sudah dibekali teknologi AI dan memiliki sticker keren serupa AR Sticker di smartphone flagship, kamera selfie Huawei Y6 2018 juga telah dibekali dengan LED flash. Jadi, untuk selfie di kondisi ruangan minim cahaya, kamera Huawei Y6 ini masih sedikit lebih baik ketimbang Redmi 6A.

Kesimpulan

Dari perbandingan spesifikasi, jelas terlihat Huawei Y6 2018 memiliki keunggulan di beberapa bagian. Terutama layar yang memiliki ukuran lebih luas, dan juga kamera depan yang disokong LED flash untuk selfie di lokasi minim cahaya. Sementara Xiaomi Redmi 6A, sepertinya memang tampil standar khas smartphone entry level.

Untuk Huawei Y6 2018 ini dalam rangka Festival Belanja 11.11 di Lazada, bisa didapatkan dengan harga khusus di link berikut: https://bit.ly/2QfHoek.