pulsa-logo

Chipset 5G Mediatek Helio M70 akan Diluncurkan Awal 2019


Nariswari

Selasa, 06 November 2018 • 11:13

Chipset 5G Mediatek Helio M70 akan Diluncurkan Awal 2019


GizchinaGizchina

Pengembangan jaringan 5G kelak  menjadi salah satu opsi yang paling dibutuhkan di perangkat seluler apapun. Dan ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai infrastruktur, termasuk dukungan dari perangkat keras  yang akan  mendukung jaringan 5G.  Sejak 2017, hanya muncul satu produsen chipset yang menggarap chipset 5G, yakni Qualcomm. Namun di tahun depan, posisi Qualcomm tidak akan sendiri. Karena kabar terbaru menyebutkan bahwa MediaTek  akan siap meluncurkan processor 5G pertamanya di awal 2019.

Qualcomm telah mengembangkan chip baseband Snapdragon X50 5G dan telah melakukan kerja sama mendalam dengan banyak produsen ponsel pintar. Untuk memenangkan  bisnis chipset ini,  tentunya MediaTek harus  menyuguhkan sesuatu yang identik dan bahkan mengungguli Qualcomm.

Chipset 5G pertama MediaTek yang akan dinamakan Helio M70 tersebut ternyata akan mendukung penggunaan  di smartphone low-end. Inilah yang membedakannya dengan chipset 5G besutan Qualcomm yang hanya menargetkan smartphone premium dan menengah.

Sebelumnya  dikabarkan bahwa produsen chip asal  Taiwan tersebut  akan mengumumkan SoC generasi terbaru  yang akan diperkenalkan pada “akhir tahun 2019”. Maka kemarin (5/11)  MediaTek mengeluarkan pernyataan lain dan menegaskan bahwa  processor 5G mereka yang akan dinamakan Helio M70 akan dirilis ke publik pada paruh pertama 2019.

Seperti Snapdragon X50, processor  MediaTek Helio M70 adalah modem 5G independen yang dibangun pada proses 7nm (yang diproduksi oleh TSMC) dan diklaim meningkatkan kontrol panas sehingga meminimalisir resiko overheating di perangkat. Tentu saja, ini kompatibel dengan spesifikasi 3GPP Release 15 dan menyediakan kecepatan transfer data hingga 5Gbps. (*)

Sumber: Gizchina