pulsa-logo

Reparasi Mate 20 Pro Lebih Susah Dibanding iPhone X


Nariswari

Rabu, 07 November 2018 • 17:04

Huawei, Huawei Mate 20 Pro, Perbaikan Huawei Mate 20 Pro, Service Mate 20 Pro, Reparasi Huawei Mate 20 Pro


Reparasi Mate 20 Pro (Foto: iFixit)Reparasi Mate 20 Pro (Foto: iFixit)

Sejak dirilis  pertengahan Oktober lalu,  Huawei Mate 20 Pro menuai banyak pujian. Selain disokong spesifikasi gahar khas smartphone flagship, Huawei Mate 20 Pro juga didapuk sebagai smartphone dengan kamera terbaik di dunia. Lembaga pengujian sensor kamera smartphone, DxOMark pun mencatat skor yang dimiliki Mate 20 Pro berada di posisi palinng atas disbanding flagship lain.

Meski begitu, smartphone superior ini nyatanya masih memiliki beberapa kelemahan. Kabar terbaru, Huawei Mate 20 Pro justru lebih sulit diperbaiki ketimbang beberapa competitor semisal iPhone X. Kabar ini terungkap dari hasil pengujian iFixit .

Situs pembongkar gadget iFixit menemukan fakta yang sangat mengejutkan  saat membongkar Huawei Mate 20 Pro. Smartphone berfitur kamera terbaik ini mendapatkan skor perbaikan yang kurang bagus versi iFixit yakni 4/10. Semakin rendah skor ini, maka perangkat akan makin sulit untuk diperbaiki jika mengalami kerusakan. Bandingkan dengan iPhone X yang mengantongi skor 6/10.

Pertama-tama, banyak komponen modular yang terpasang di Huawei Mate 20 Pro, yang berarti dapat diganti dengan mudah, seperti baterai yang berada di bawah panel belakang, sehingga mudah untuk terlepas. Kemudian diketahui bahwa ponsel ini dirakit bersama-sama oleh 8 sekrup Philips dengan  perekat, ditambah ada konektor yang kurang  fleksibel, yang berarti itu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk memperbaiki perangkat ini jika mengalami kerusakan.

Tak hanya itu.  Ada hal-hal yang buruk lainnya yang akan mempersulit proses perbaikan. Huawei Mate 20 Pro hadir dengan kaca depan dan belakang yang di-lem, sehingga sangat sulit untuk dilepaskan tanpa celah, layarnya kemudian sulit untuk dilepas juga karena perekat yang sangat kuat. Dan ini adalah alasan utama mengapa iFixit memberi Huawei Mate 20 Pro skor yang rendah. (Nariswari)

Sumber: GizChina