pulsa-logo

Sstt! Qualcomm Sedang Siapkan Dua Prosesor Baru, Ini Bocorannya


Nariswari

Kamis, 08 November 2018 • 14:24

Qualcomm,Snapdragon 6150,Snapdragon 7150


Ilustrasi, Image: IstimewaIlustrasi, Image: Istimewa

Qualcomm disinyalir tengah menyiapkan duo chipset baru yang menyasar pada penggunaan di smartphone kelas menengah, yakni Snapdragon 6150 dan Snapdragon 7150.

Kedua prosesor terbaru Qualcomm tersebut kini telah terlihat di repositori GitHub dengan mengindikasikan bahwa SoC terbaru ini akan mendukung perangkat keras yang jauh lebih baik untuk display dan kamera.

Namun memang, sejauh ini belum ada rincian lebih mendetail yang berkaitan dengan kinerja yang mendasari kedua chipset tersebut. Akan tetapi, disebutkan bahwa keduanya dibangun dalam konfigurasi octa-core dan masing-masing menunjukkan dukungan kamera depan dengan resolusi 20MP, dan mendukung fitur dual-camera dengan konfigurasi resolusi 12MP + 13MP.

Sedangkan layar yang digunakan dalam pengujian prosesor tersebut tampaknya menunjukkan beberapa perbedaan dengan seri prosesor Snapdragon sebelumnya dan memberikan beberapa indikasi mengenai apa yang bisa ditemukan oleh inti pemrosesan di setiap unit.

Snapdragon 6150 adalah prosesor yang lebih murah dan ringan, diuji menggunakan layar FullHD+  dengan resolusi 2160 x 1080 pada ukuran layar 5,99 inci.

Sedangkan Snapdragon 7150 diuji pada rasio layar 18:9 dengan panel QHD+ dan resolusi layar yang digunakan untuk Snapdragon 7150 minimal 2880 x 1440. Jadi chip ini kemungkinan akan sedikit lebih powerful daripada Snapdragon 6150.

Dengan meluncurkan jajaran processor kelas menengah, bagi Qualcomm bukanlah hal yang mudah. Karena saat ini Qualcomm sedang dalam proses rebranding chip-nya. Sebagai contoh, tindak lanjut dari unit flagship top-tier Qualcomm saat ini, yaitu Snapdragon 845, akan diluncurkan sebagai Snapdragon 8150. Itu adalah sistem penamaan/branding yang relatif besar dari konvensi penamaan OEM.


Sementara itu, menjelang akhir Oktober, Qualcomm meluncurkan salah satu prosesor terakhir untuk seri Snapdragon 6XX, yakni Snapdragon 675. Chipset itu dibuat pada node proses 11nm dan menawarkan perbaikan besar pada kinerja, dan menjadi generasi penerus langsung dari Snapdragon 650. Terutama, pada peningkatan pemrosesan AI, fitur kamera yang disempurnakan, tampilan FullHD+, dan beberapa fitur lainnya.

Kabar yang bersumber dari keterangan beberapa karyawan di rantai pasokan yang bekerja pada  manufacturing Snapdragon 6150 dan 7150 menyebutkan bahwa kedua prosessor ini  akan dibangun pada node proses 11nm. Namun belum jelas apakah kedua prosesor ini akan mengikuti pemisahan inti asimetris yang sama yang digunakan oleh Snapdragon 675 atau tidak.

Qualcomm dapat memilih untuk memasukkan empat core Cortex-A76 yang lebih kuat di Snapdragon 7150 menggantikan dua dari enam inti Cortex-A55.

Sementara itu, Qualcomm hanya dapat memilih untuk overclock atau underclock inti dari setiap SoC generasi terbaru tersebut, atau mungkin menggunakan pendekatan gabungan.

Sayangnya, sejauh ini belum diketahui kapan Qualcomm akan memperkenalkan secara resmi duo generasi chipset Snapdragon tersebut, begitupun dengan smartphone yang akan mengadopsi kedua prosesor tersebut. (Naris/Ozi)

(Sumber)